• Home
  • Berita
  • Tuntaskan 'Tol Langit', Menkominfo Budi Bentuk Satgas BTS 4G Bakti Kominfo

Tuntaskan 'Tol Langit', Menkominfo Budi Bentuk Satgas BTS 4G Bakti Kominfo

Redaksi
Sep 26, 2023
Tuntaskan 'Tol Langit', Menkominfo Budi Bentuk Satgas BTS 4G Bakti Kominfo
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membentuk satuan tegas (satgas) pembangunan base transceiver station (BTS) 4G atau Satgas BTS 4G Bakti Kominfo.

"Bulan ini segera diresmikan. Pemerintah sedang melakukan koordinasi tim satgas," ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Selasa (26/9/2023).

Pembentukan Satgas BTS 4G Bakti Kominfo ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk percepatan penyelesaian pembangunan BTS 4G Bakti Kominfo di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun saat ini, proyek infrastruktur telekomunikasi tersebut tersandung kasus dugaan korupsi yang turut menyeret 12 tersangka, di antaranya mantan Menkominfo Johnny G. Plate dan Dirut Bakti Kominfo Anang Achmad Latif.

Lebih lanjut, Budi mengharapkan Satgas BTS 4G Bakti Kominfo mampu menyelesaikan bottleneck yang terjadi dalam pengadaan BTS 4G Bakti Kominfo.

"Satgas BTS 4G BAKTI Kominfo akan melibatkan unsur dari aparat penegak hukum, auditor BPK, BPKP, dan kementerian lembaga lainnya," ujar Menkominfo.

Disampaikan Menkominfo bahwa pemerintah berkomitmen menuntaskan program pengadaan BTS 4G Bakti Kominfo. Sebab, itu dilakukan untuk pemenuhan hak rakyat dalam memperoleh akses infrastruktur digital. Sebagai informasi, proyek BTS 4G ini juga sering disebut dengan istilah 'tol langit' yang merujuk layanan internet ke masyarakat.

"Negara hadir dalam konteks menyediakan infrastruktur digital yang baik dan layak bagi masyarakat untuk bisa memperoleh akses konektivitas digital," kata Menkominfo.

Menkominfo meminta semua pihak mendukung percepatan penyediaan infrastruktur digital melalui BTS 4G BAKTI Kominfo untuk memberikan akses jaringan digital kepada masyarakat.

"Karena itu hak rakyat, sehingga semua pihak diharapkan bisa memanfaatkan semua infrastruktur yang dibangun itu," tuturnya.

Menteri Kominfo menyampaikan program penyediaan BTS 4G Bakti Kominfo dituntaskan untuk memenuhi hak rakyat memperoleh konektivitas atau jaringan digital.

"Karena itu kan keperluan masyarakat. Akses itu harus kita berikan kepada masyarakat," pungkas Menkominfo Budi.



Simak Video "Menkominfo Siapkan Jurus Berantas Judi Online yang Bandel"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)
back to top