• Home
  • Berita
  • Trik Tersembunyi Apple untuk Pastikan Keaslian iPhone 15

Trik Tersembunyi Apple untuk Pastikan Keaslian iPhone 15

Redaksi
Sep 23, 2023
Trik Tersembunyi Apple untuk Pastikan Keaslian iPhone 15
Jakarta -

Apple punya cara unik untuk memastikan keaslian iPhone 15 yang dijual di pasaran. Mereka menggunakan mekanisme keamanan baru berbasis sinar UV untuk membantu konsumen tidak tertipu saat membeli iPhone dari toko yang tidak resmi.

Dalam video yang pertama kali diunggah di Weibo dan dibagikan oleh Majin Bu di Twitter/X, terlihat kotak iPhone 15 yang yang memiliki hologram dan kode QR yang hanya bisa dilihat di bawah sinar UV. Hologram dan kode QR ini bisa membantu pembeli, dan bahkan Apple, untuk mengetahui apakah kotak iPhone yang masih disegel itu asli atau tidak.

Meski mekanisme ini terbilang sederhana, setidaknya bisa membantu konsumen agar tidak terjebak membeli iPhone yang mungkin tidak asli atau bukan barang baru. Konsumen yang membeli langsung dari Apple mungkin tidak akan mengalami masalah ini, tapi mereka yang membeli dari penjual kecil bisa merasakan manfaatnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Misalnya, beberapa penjual yang nakal bisa saja mengemas ulang iPhone bekas atau rekondisi menggunakan kotak palsu yang dibuat mirip dengan kotak asli buatan Apple. iPhone ini kemudian dijual dengan harga mirip seperti perangkat baru sehingga bisa membuat konsumen terkecoh.

[Gambas:Twitter]

Apple sendiri belum buka suara soal mekanisme keamanan ini, tapi bungkamnya Apple tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya jika mekanisme baru ini diketahui banyak orang, penipu jadi bisa meniru hologram ini dengan lebih mudah.

Tapi sepertinya kode QR rahasia yang ada di kotak iPhone 15 bisa membuat sistem ini jadi lebih aman karena kemungkinan berisi kode yang bisa diverifikasi oleh sistem yang tidak bisa ditiru oleh penipu, seperti dikutip dari Apple Insider, Sabtu (22/9/2023).

Perlu diingat bahwa kode dan hologram ini hanya bisa dilihat saat disinari lampu UV. Kalau tidak membawa lampu UV saat membeli iPhone dari toko atau orang yang tidak dikenal, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memastikan keasliannya.

Pertama, selalu perhatikan detail yang ada di kotak kemasan dan bandingkan dengan kotak iPhone lainnya. Setelah itu, pastikan nomor serial dan IMEI yang ditampilkan di iPhone sama dengan yang tertulis di kotak kemasan.



Simak Video " Sederet Bocoran iPhone 15 Pro yang Bakal Dirilis Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top