• Home
  • Berita
  • Tips Mengenali Orang yang Tidak Pernah Ada di Dunia Nyata

Tips Mengenali Orang yang Tidak Pernah Ada di Dunia Nyata

Redaksi
Apr 01, 2023
Tips Mengenali Orang yang Tidak Pernah Ada di Dunia Nyata
Jakarta -

Dengan AI, mudah sekali untuk membuat orang yang tidak pernah ada di dunia nyata. Foto-foto itu bisa digunakan untuk berbanyak hal, mulai hiburan sampai disalahgunakan untuk membuat identitas palsu.

Tapi ada tips untuk membedakan apakah foto orang itu palsu atau benar ada. Hal ini dijelaskan langsung oleh situs this-person-doesnt-exist.com yang membuat gambar-gambar orang yang tidak pernah ada di dunia.

"Hampir mustahil untuk mengenali foto dari orang yang palsu. AI sangat berkembang hingga tidak dikenali 90% orang awam dan 50% dari fotografer berpengalaman," tulis situs itu.

Satu-satunya cara adalah kamu harus melihat lebih dekat. Hal yang bisa diperhatikan seperti masalah simetri wajah sampai gigi yang terlihat seperti piksel dan gigi serinya seperti dibuat berulang.

Masalah lain yang membuat foto orang yang palsu bisa dengan mudah dikenali biasanya juga terjadi pada komposisi rambut yang tidak baik. Jika dilihat secara dekat, rambut terlihat begitu lurus dan kaku, kemudian terlihat tidak simetris.

"Pelajari latar belakang dengan cermat. Jika palsu, itu mungkin termasuk distorsi yang tidak biasa dalam bentuk dan garis, atau memiliki penampilan yang nampak ketarik secara keseluruhan," masih kata situs itu.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bukan tidak mungkin untuk mengenali gambar atau foto orang yang tidak pernah ada alias buatan AI -- meskipun sangat sulit. Kendati demikian, butuh ketelitian yang mendalam untuk mengetahui apakah foto itu atau palsu.



Simak Video "Minta Pengembangan AI Dijeda, Elon Musk Dinilai Munafik"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top