• Home
  • Berita
  • Lensa Periskop iPhone 15 Pro Max Harganya Cuma Rp 60 Ribu

Lensa Periskop iPhone 15 Pro Max Harganya Cuma Rp 60 Ribu

Redaksi
Apr 01, 2023
Lensa Periskop iPhone 15 Pro Max Harganya Cuma Rp 60 Ribu
Jakarta -

Salah satu fitur andalan di iPhone 15 Pro Max kabarnya adalah lensa periskop yang punya zoom besar, setidaknya 10x. Ternyata harga lensa periskop tersebut cuma USD 4 atau sekitar Rp 60 ribu.

Informasi ini berasal dari analis Ming-Chi Kuo, yang menyebut Apple sukses melakukan nego besar ke Largan untuk harga lensa tersebut. Dengan harga USD 4 itu, kabarnya Largan hampir tak mendapat keuntungan dari produksi lensa periskop tersebut.

"Largan diperkirakan akan menjadi pemasok satu-satunya untuk kamera periskop iPhone 15 Pro Max," kata Kuo, seperti dikutip detikINET dari 9to5Mac, Sabtu (1/4/2023).

"ASP (average selling price/harga rata-rata) untuk lensa kamera periskop dari Largan adalah sekitar USD 4 (termasuk prisma), jauh lebih rendah dibanding konsensus pasar yang berkisar USD 4,5-5 atau lebih tinggi. Ini artinya dengan harga USD 4 mungkin Largan tak bisa mendapat keuntungan dari lensa kamera periskop itu," tambahnya.

Ada dua perusahaan yang membuat lensa kamera iPhone, yaitu Largan dan Genius. Ini artinya Apple bisa "mengadu" keduanya untuk memberikan harga yang paling kompetitif.

Untuk tahun 2023 ini tampaknya perang harga itu dimenangkan Largan, meski mereka harus menyunat habis-habisan harga lensa produksinya itu. Sementara untuk iPhone 16, Kuo menyebut pesanan lensa periskopnya akan dibuat oleh Genius.

Sebelum ini sudah ada beberapa bocoran spesifikasi iPhone 15 Pro. Misalnya chip yang dipakai adalah A17 Bionic dengan fabrikasi 3nm dari TSMC. Lalu rangkanya berbahan titanium.

Kemudian bezelnya akan sangat tipis dan sedikit melengkung dibanding iPhone 14 Pro. Lalu tentu saja portnya adalah USB-C seperti yang sudah dikonfirmasi oleh Apple.



Simak Video "Apple Bakal Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Klasik "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)
back to top