• Home
  • Berita
  • Terlarang Dikunjungi, Gudang Kiamat di Norwegia Dijaga Ketat

Terlarang Dikunjungi, Gudang Kiamat di Norwegia Dijaga Ketat

Redaksi
Dec 14, 2023
Terlarang Dikunjungi, Gudang Kiamat di Norwegia Dijaga Ketat
Daftar Isi
  • Gudang Kiamat Penting untuk Dunia
  • Sulit Dijangkau
  • Protokol Keamanan Super Ketat
  • Rentan Terkontaminasi
  • Melindungi dari Biopiracy
  • Menjaga Integritas Gudang Kiamat
  • Menjaga Tata Cara Distribusi Benih
  • Peran Pemerintah Norwegia
Jakarta -

Jauh di dalam Lingkaran Arktik di pulau Svalbard yang terpencil di Norwegia, terdapat Svalbard Global Seed Vault yang sering disebut Doomsday Vault atau Gudang Kiamat. Fasilitas ini dijaga sangat ketat, tidak sembarang orang bisa masuk.

Gudang Kiamat adalah tempat menyimpan benih dan bibit untuk menjaga warisan pertanian dunia. Meskipun melambangkan harapan bagi masa depan umat manusia, fasilitas ini ditutup rapat untuk umum. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bank benih yang luar biasa ini tidak dapat diakses.

Gudang Kiamat Penting untuk Dunia

Svalbard Global Seed Vault bertindak ibarat asuransi global terhadap hilangnya keanekaragaman hayati pertanian. Terletak di wilayah yang terkenal dengan lapisan es dan iklimnya yang dingin dan stabil, Gudang Kiamat menyimpan jutaan sampel benih dari tanaman di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Benih-benih ini akan melindungi manusia dari bencana dan peristiwa apokaliptik di masa depan, memastikan umat manusia dapat pulih dan melanjutkan produksi pangan meskipun terjadi perang nuklir, bencana alam, atau penyakit tanaman yang berpotensi memusnahkan spesies.

Sulit Dijangkau

Seperti dikutip dari Britannica, salah satu alasan utama mengapa mengunjungi Gudang Kiamat nyaris mustahil dilakukan adalah karena lokasinya yang terpencil dan tidak bersahabat.

Svalbard berjarak lebih dari 800 mil dari Kutub Utara, dan bank benih berada jauh di dalam lereng gunung, hampir 430 kaki di atas permukaan laut. Aksesnya merupakan tantangan bahkan bagi para ilmuwan dan teknisi yang memelihara fasilitas tersebut, sehingga memerlukan perencanaan yang cermat dan transportasi khusus.

Protokol Keamanan Super Ketat

Protokol keamanan yang super ketat adalah faktor penting lainnya yang mencegah adanya kunjungan masyarakat umum. Sistem keamanan yang kuat, termasuk kamera pengintai, detektor gerakan, dan pintu baja ganda mengelilingi Svalbard Global Seed Vault.

Gudang Kiamat hanya boleh dimasuki personel yang berwenang seperti pejabat pemerintah, ilmuwan, dan staf pendukung. Tingkat keamanan yang tinggi ini penting untuk melindungi integritas keanekaragaman hayati pertanian dunia.

Rentan Terkontaminasi

Membiarkan pengunjung umum masuk Gudang Kiamat akan membuat fasilitas ini rentan terkontaminasi, tercemar hama, atau patogen yang menimbulkan risiko terhadap benih yang disimpan di dalam fasilitas.

Mengingat peran penting benih dalam menjaga ketahanan pangan global, ancaman sekecil apa pun harus diminimalkan. Tindakan karantina yang ketat juga diberlakukan bagi mereka yang memiliki akses.

Melindungi dari Biopiracy

Benih di Doomsday Vault adalah milik negara dan organisasi di seluruh dunia. Membuka fasilitas tersebut untuk umum berpotensi mengekspos sumber daya genetik negara-negara tersebut terhadap biopiracy atau pembajakan dan eksploitasi bahan biologis secara komersial tanpa izin. Dengan menutup fasilitas tersebut, Norwegia melindungi keragaman genetik yang terkandung di dalam benih tersebut.

Menjaga Integritas Gudang Kiamat

Kunjungan masyarakat memerlukan infrastruktur dan fasilitas tambahan. Hal ini berpotensi membahayakan integritas bank benih. Faktor lingkungan, seperti meningkatnya lalu lintas pejalan kaki atau pembuangan limbah, dapat berdampak pada lapisan es dan kondisi suhu yang penting untuk pengawetan benih.

Menjaga Tata Cara Distribusi Benih

Meskipun Gudang Kiamat tidak bisa diakses sembarang orang, negara dan organisasi tertentu menerima distribusi benih sesuai kebutuhan. Sistem yang rumit memastikan bahwa sumber tersedia secara global untuk penelitian, pengembangan, dan upaya restorasi tanaman.

Peran Pemerintah Norwegia

Pemerintah Norwegia bertindak sebagai penjaga utama Gudang Kiamat Global Svalbard dan bertanggung jawab mengelola dan memelihara fasilitas tersebut dengan standar tertinggi. Tanggung jawab ini mencakup penerapan kontrol akses yang ketat dan memastikan bahwa misi utama melestarikan keanekaragaman hayati dan ketahanan pangan tetap tanpa kompromi.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Gawat! Kata NASA 2025 Ada Kiamat Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)
back to top