• Home
  • Berita
  • 10 Ular Terbesar dan Terpanjang dalam Sejarah

10 Ular Terbesar dan Terpanjang dalam Sejarah

Redaksi
Dec 14, 2023
10 Ular Terbesar dan Terpanjang dalam Sejarah
Daftar Isi
  • 10 Ular Terbesar dan Terpanjang dalam Sejarah
  • 1. Titanoboa 2. Palaeophis colossaeus 3. Gigantophis garstini 4. Anaconda Hijau 5. Sanca batik 6. Piton India 7. Boa Kuba 8. Piton Burma 9. King Cobra 10. Piton batu Afrika Tengah
Jakarta -

Ular merupakan jenis reptil yang dapat dijumpai di seluruh bagian dunia. Ular bisa memiliki tubuh yang pendek hingga panjang, atau kecil hingga sangat besar. Bahkan, ada yang dapat menelan manusia secara utuh.

Para ilmuwan sudah mencatatkan beberapa spesies ular terbesar dan terpanjang yang pernah ada. Lantas, jenis ular apakah yang terbesar dan terpanjang dalam sejarah? Ini dia daftarnya.

10 Ular Terbesar dan Terpanjang dalam Sejarah

1. Titanoboa

Titanoboa cerrejonensis adalah jenis ular terbesar yang pernah ada. Berasal dari 60 juta tahun yang lalu, ular ini berkerabat dengan anaconda dan boa. Meski demikian, belum dapat dipastikan apakah ia berkerabat lebih dekat dengan kedua ular tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari Britannica, ahli paleontologi memperkirakan panjang tubuh rata-rata Titanoboa dewasa sekitar 13 meter (42,7 kaki). Adapun beratnya rata-rata mencapai 1,25 ton. Dengan berat tersebut, Titanoboa cerrejonensis diperkirakan seukuran dengan T. rex.

2. Palaeophis colossaeus

Palaeophis colossaeus merupakan ular laut yang melintasi samudra purba di sebagian Afrika Utara pada 100 juta tahun silam. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Acta, ketika kerangka fosil ular ini ditemukan, para peneliti memperkirakan bahwa spesies ini dapat mencapai panjang lebih dari 12 meter.

3. Gigantophis garstini

Gigantophis garstini adalah ular prasejarah yang hidup sekitar 40 juta tahun yang lalu. Para peneliti memperkirakan tubuh Gigantophis garstini memiliki panjang antara 7-10 meter. Mengutip dari Prehistoric Wildlife, keberadaan Gigantophis mencakup wilayah lain di Afrika, Timur Tengah, bahkan mungkin lebih jauh ke Asia.

4. Anaconda Hijau

Anaconda hijau atau Eunectes murinus diperkirakan hidup di rawa-rawa dan sungai di Amazon. Panjang tubuhnya dapat mencapai 9 meter. Adapun mengenai anaconda hijau terbesar, tidak ada catatan resmi untuk itu. Namun, seorang pekerja konstruksi di Brasil pernah menemukan anaconda hijau yang diperkirakan memiliki panjang 10 meter dengan berat 399 kg.

5. Sanca batik

Sanca Batik dikenal luas sebagai ular terpanjang di dunia saat ini. Laporan 1912 mengklaim bahwa ular sanca yang pernah ditangkap memiliki panjang 10 meter atau setara dengan panjang bus sekolah pada umumnya. Menurut Museum Sejarah Alam Inggris, panjang ular sanca batik secara teratur dapat mencapai lebih dari 6,25 meter.

6. Piton India

Menurut Animal Diversity Web (ADW), piton India dapat tumbuh mencapai panjang 6,4 meter dengan berat hampir mencapai 100 kg. Berat tersebut diperkirakan setara dengan bayi gajah yang baru lahir. Sayangnya, piton India diklasifikasikan sebagai spesies ular yang terancam punah akibat hilangnya habitat asli dan perburuan liar.

7. Boa Kuba

Boa Kuba merupakan ular terbesar di Karibia menurut Taman Margasatwa Lake District. Para peneliti dalam jurnal Reptiles & Amphibia memperkirakan berat ular tersebut lebih dari 30 kilogram dengan panjang mencapai 5,65 meter. Namun, beberapa laporan mengklaim bahwa mereka dapat tumbuh hingga lebih dari 6 meter.

8. Piton Burma

Piton Burma (Python bivittatus) merupakan jenis ular yang berasal dari Asia Tenggara. Piton Burma muda biasanya hidup di pepohonan, kemudian saat dewasa mereka akan turun ke tanah. Piton Burma terbesar dan terpanjang yang pernah tercatat adalah yang memiliki panjang 5,74 meter.

9. King Cobra

Siapa yang tak mengenal ular satu ini? King Cobra memiliki gigitan berbahaya yang dapat membunuh seekor gajah. Menurut Kebun Binatang Nasional Smithsonian dan Institut Biologi Konservasi, King Cobra terpanjang yang pernah tercatat dalam sejarah mencapai panjang 5,71 meter.

10. Piton batu Afrika Tengah

Menurut Kebun Binatang Oregon, inilah ular terbesar yang berada di Afrika. Jenis ular ini sangat mudah beradaptasi dan dapat ditemukan di seluruh Afrika sub-Sahara. Piton batu Afrika Tengah rata-rata memiliki panjang sekitar 3 hingga 5 meter.

Itulah 10 ular terbesar dan terpanjang dalam sejarah. Bagaimana menurutmu?



Simak Video "Warga Ciamis Tangkap Ular Sanca 3 Meter, Diduga Sering Mangsa Ternak"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fds)
back to top