• Home
  • Berita
  • Telkomsel Hadirkan Konektivitas Digital Terdepan di KTT AIS Forum 2023

Telkomsel Hadirkan Konektivitas Digital Terdepan di KTT AIS Forum 2023

Redaksi
Oct 10, 2023
Telkomsel Hadirkan Konektivitas Digital Terdepan di KTT AIS Forum 2023
Jakarta -

Telkomsel sebagai leading digital connectivity enabler terus berperan dalam mendukung berbagai kegiatan kenegaraan, termasuk menyukseskan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States Forum (KTT AIS Forum) 2023 yang digelar di Bali pada tanggal 10-11 Oktober.

Melalui kapasitas teknologi yang andal, jaringan broadband 4G dan 5G terdepan, serta beragam produk dan layanan digital unggulan, Telkomsel memastikan kesiapan infrastruktur untuk memberikan akses komunikasi yang nyaman kepada semua perwakilan delegasi KTT AIS Forum 2023.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menyatakan ini merupakan komitmen Telkomsel dalam memperkuat peran Indonesia sebagai negara kepulauan yang siap berkolaborasi untuk mengatasi tantangan bersama di sektor maritim dan pariwisata lokal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mengusung semangat menghubungkan bangsa, Telkomsel sebagai largest convergence services di Indonesia, mendukung penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 yang menjadi wadah negara pulau dan kepulauan untuk memperkuat kolaborasi serta mempertajam strategi bersama dalam menghadapi isu dan permasalahan maritim di kancah internasional, khususnya terkait perubahan iklim, yang diwujudkan melalui berbagai program seperti riset dan pengembangan serta akselerasi UMKM dan startup di sektor ekonomi biru dan pariwisata," ujar Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10/2023).

Nugroho juga menyatakan komitmennya untuk hadir terdepan berkontribusi untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan konektivitas digital di KTT AIS Forum 2023.

"Dengan memastikan optimalisasi jaringan broadband terkini serta ketersediaan ragam produk dan layanan unggulan, kami berkomitmen untuk hadir terdepan berkontribusi mendukung kelancaran dan kenyamanan konektivitas digital bagi para tamu kehormatan negara, delegasi, panitia, serta media yang menghadiri rangkaian pelaksanaan KTT AIS Forum 2023 di Bali," tambahnya.

Telkomsel, sebagai bagian dari Telkom Group, telah meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh lokasi KTT AIS Forum 2023 di Bali, termasuk di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Centre (BICC), serta 9 lokasi supporting venue. Peningkatan ini mencakup peningkatan cakupan dan kapasitas jaringan serta kualitas koneksi di 55 BTS 4G/LTE dan 11 BTS 5G eksisting penambahan 16 BTS 4G/LTE dan 3 BTS 5G, serta 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 4 unit BTS Easy Macro.

Nugroho menjelaskan untuk memastikan delegasi mancanegara memiliki akses yang lancar ke layanan komunikasi dan pengalaman digital yang baik selama KTT AIS Forum 2023, Telkomsel menyediakan produk dan layanan digital unggulan, seperti Kartu Prabayar Tourist dengan kuota data hingga 25 GB. Di berbagai titik lokasi acara, seperti bandara, pusat media, GraPARI, dan booth di BNDCC.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan layanan pelanggan yang dapat digunakan untuk registrasi Kartu Prabayar Tourist, IMEI perangkat mobile, paket data, isi ulang pulsa, pembelian layanan konvergensi Telkomsel One, aktivasi layanan jaringan 5G, serta layanan digital lifestyle seperti MAXstream, Dunia Games, dan lainnya.

Telkomsel telah memastikan kesiapan layanan international roaming bagi delegasi KTT AIS Forum 2023 yang akan tetap menggunakan layanan dari negara asal mereka. Saat ini, Telkomsel telah bermitra dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, termasuk 51 perusahaan telekomunikasi dari negara-negara delegasi KTT AIS Forum yang akan datang ke Indonesia. Kerja sama ini mencakup kesepakatan 4G/LTE Roaming dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari setiap negara, serta kesepakatan 5G Roaming dengan beberapa negara.

Selama perhelatan berlangsung, pengunjung dapat menikmati pengalaman digital di 'Telkomsel 5G Experience' yang ada di booth Telkomsel. Ini mencakup demonstrasi teknologi VR Tourism yang memperlihatkan kecantikan destinasi wisata Indonesia serta teknologi AR Industrial Work Instruction yang digunakan dalam operasional industri dan pelatihan jarak jauh mengenai peralatan seperti panel listrik, mesin motor, atau mesin genset untuk para engineers.

Selain itu, Telkomsel juga berpartisipasi dalam IDEA for KTT AIS Forum, sebuah acara sampingan dari KTT AIS Forum 2023. Pada acara ini, Telkomsel sebagai bagian dari ekosistem BUMN, diundang sebagai narasumber untuk menjelaskan kemampuan perusahaan dalam mendukung pengembangan ekosistem digital untuk pelaku UMKM di lima kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) utama melalui pembangunan infrastruktur broadband terdepan.

"Dengan konektivitas jaringan broadband serta ketersediaan ragam produk dan layanan terdepan, Telkomsel siap mendukung kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah KTT AIS Forum tahun ini. Kami berharap forum internasional ini dapat membuka peluang strategis menuju masa depan negara kepulauan yang kita cita-citakan bersama, terutama dalam mendorong tiga aspek penting KTT AIS Forum 2023 yang mencakup pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, serta mempererat solidaritas antar negara pulau dan kepulauan, terutama melalui kolaborasi di sektor pariwisata," tutup Nugroho.

Sebagai informasi, hingga saat ini Telkomsel telah menggelar ratusan BTS di lima kawasan utama Destinasi Pariwisata Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang, dengan dukungan jaringan 4G dan 5G terdepan. Hal ini telah mempercepat transformasi digital UMKM, membantu mereka mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan kesejahteraan melalui teknologi digital yang inklusif dan berkelanjutan dalam sektor pariwisata.

(akd/akd)
back to top