Telkom Genjot 7 Produk Digital Jadi Sumber Pendapatan Perusahaan

Usai melepas IndiHome ke Telkomsel, Telkom kini fokus di bidang Business to Business (B2B). Ada 7 produk digital yang akan digenjot Telkom sebagai sumber pendapatan perusahaan.
Direktur Digital Bisnis Telkom, Muhammad Ahmad Fajrin mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir Telkom terus melakukan transformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi telekomunikasi digital. Hal itu yang akan terus dijalankan oleh perusahaan pelat merah ini.
Disampaikan Fajri, Telkom menjalankan strategi yang mereka namakan Five Bold Moves, di mana salah satunya terkait pelepasan IndiHome ke Telkomsel guna mengimplementasikan fixed mobile convergence (FMC).
"Ada lima inisiatif besar, satu sudah kita rampungkan bulan Juni kemarin dikenal dengan istilah FMC. IndiHome yang semula di Telkom kita spin off ke Telkomsel dalam rangka ke depan agar fokus ke masing-masing, Telkomsel untuk business to consumer (B2C) dan Telkom untuk business to business (B2B)," tutut Fajrin di Jakarta, Kamis (3/8/2023).
Ke depannya, Telkom akan melanjutkan rencana transformasi Five Bold Moves lainnya seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCos.
Pada kesempatan yang sama, Komang Budi Aryasa Deputy EVP Digital Business Builder Telkom mengatakan, ada tujuh produk digital yang akan jadi andalan perusahaan BUMN saat ini.
"Salah satunya, PaDi UMKM, ini platform B2B eCommerce di mana para penyedia atau seller dari UMKM itu dapat onboarding dan dapat dibeli oleh BUMN atau perusahaan lainnya," ungkap Komang.
Selain itu, ada produk digital lainnya di menyasar berbagai lini, seperti Logee untuk sektor logistik dan Agree untuk sektor agrikultur. "Keduanya menyediakan platform untuk ekosistem logistik dan pertanian, sehingga dapat berpartisipasi dalam ekonomi digital Indonesia," ucap Komang.
Ada pula, seperti dikatakan Komang, produk digital yang berkaitan dengan big data, kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), internet of Things (IoT). "Produk ini akan jadi unggulan ke depannya untuk membuat Telkom jadi digital company," pungkasnya.
Simak Video "Ulang Tahun ke-58, Telkom Gelar Digiland 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)