• Home
  • Berita
  • Sutradara BlackBerry Bicara Penyebab Kejatuhan BlackBerry

Sutradara BlackBerry Bicara Penyebab Kejatuhan BlackBerry

Redaksi
May 13, 2023
Sutradara BlackBerry Bicara Penyebab Kejatuhan BlackBerry
Jakarta -

Film BlackBerry yang disutradarai Matt Johnson, mengisahkan kelahiran BlackBerry sampai kejatuhannya yang spektakuler. Film ini banyak dipuji dan mendapat rating tinggi. Nah, bagaimana pendapat Johnson mengenai ambruknya BlackBerry?

BlackBerry diciptakan oleh Mike Lazaridis dan Doug Fregin. Mereka kemudian juga merekrut Jim Balsillie, yang berperan besar dalam kejayaan BlackBerry. Seperti diketahui, BlackBerry berjaya mulai tahun 2000-an sampai sekitar tahun 2010, ketika terjangan iPhone dan Android membuat mereka terkapar.

Ketika ditanya mengenai alasan BlackBerry jatuh, Johnson menilai perusahaan ini kurang punya visi. "BlackBerry adalah perangkat teknikal yang menyelesaikan masalah mendesak seperti bagaimana kita punya email mobile? Dan itu lingkup yang sangat kecil kan?" katanya.

"Apa yang Mike dan Doug coba lakukan adalah mencoba menyelesaikan sesuatu yang sangat lokal, tapi produknya sendiri sungguh tidak punya visi," tambah dia seperti dikutip detikINET dari The Verge.

Menurutnya, iPhone di sisi lain adalah produk dengan visi masa depan untuk mengubah cara hidup penggunanya. "Sementara BlackBerry seperti kami memberikan kalian produk ini dan ini akan membantu kalian dalam masalah-masalah kecil kalian," katanya lagi.

Menurutnya, para bos BlackBerry juga tidak mengantisipasi perubahan. "Pada waktu itu, Balsillie tak pernah sekalipun berpikir BlackBerry akan jatuh. Dia punya kata terkenal, kita akan langsung ke Bulan atau akan jatuh dengan keras ke Bumi. Dia tak punya rencana cadangan sama sekali," papar Johnson.

BlackBerry kesulitan mengikuti konsep baru ponsel tanpa keyboard fisik. Mereka mencoba menelurkan BlackBerry Storm yang sepenuhnya layar sentuh, tapi gagal total.

"Ponsel itu secara universal dianggap sebagai produk tergagal sepanjang masa. Ponsel yang dikembalikan konsumen nilainya USD 500 juta, sungguh gila. Tidak pernah ada produk yang sedemikian tidak sukses," tambahnya.

"Masalah terbesar BlackBerry adalah mereka hanya melihat beberapa meter di depan mereka. Sedangkan iPhone melihat sampai 5 tahun ke masa depan," pungkas Johnson.



Simak Video "Nasib Ponsel BlackBerry Usai Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top