• Home
  • Berita
  • Starlink di RI Bisa Dibobol Hacker, Ahli: Tidak Ada yang 100% Aman

Starlink di RI Bisa Dibobol Hacker, Ahli: Tidak Ada yang 100% Aman

Redaksi
May 21, 2024
Starlink di RI Bisa Dibobol Hacker, Ahli: Tidak Ada yang 100% Aman
Jakarta -

Starlink milik Elon Musk sudah masuk ke Indonesia. Ahli menyebut penyedia layanan internet berbasis satelit itu juga tidak luput dari ancaman serangan hacker.

Hal ini diungkap oleh Enterprise Group Manager Kaspersky Indonesia, Donny Koesmandarin di sela acara Kaspersky NEXT Launch & Enterprise Threat of Indonesia, di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

"Pasti ada celah, tinggal bicara kapan, bagaimana caranya. Makanya saya juga bilang, kalau di Kapersky confirmed sama juga, tidak ada yang betul-betul 100% aman," katanya menjawab pertanyaan soal potensi Starlink dijebol hacker.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Donny menegaskan bahwa tidak ada layanan yang bisa menjanjikan keamanan 100%. Akan tetapi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekati aman.

"Kalau ada (yang menjanjikan --red) 100% aman, itu bisa curiga jangan-jangan situ yang bikin nih. Karena sebelum memulai saya udah tahu," jelas Donny.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Elon Musk datang ke Bali untuk menghadiri peluncuran Starlink di Indonesia pada Minggu (19/5/2024) di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Bali, Minggu (19/5).

Untuk berlangganan layanan internet berbasis satelit Starlink ini diperlukan perangkat keras yang harganya mencapai Rp 7,8 juta untuk kategori paket residensial dan jelajah. Sedangkan, paket kapal bisa mencapai Rp 43,7 jutaan.

Namun, SpaceX memanfaatkan momen kehadiran Elon Musk ke Indonesia dengan banting harga sebesar 40% untuk perangkat keras Starlink. Dalam informasi yang diumumkan Starlink di website miliknya, seperti dilihat Senin (20/5) Spacex memberikan diskon 40% untuk perangkat keras Starlink hingga 10 Juni 2024.



Simak Video "SpaceX Beri Diskon 40% untuk Perangkat Keras Starlink"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)
back to top