Spotify Hapus Ribuan Lagu Buatan AI

Redaksi
May 12, 2023
Spotify Hapus Ribuan Lagu Buatan AI
Jakarta -

Spotify dilaporkan telah menghapus puluhan ribu lagu yang dibuat oleh startup AI Boomy, hal ini dilakukan setelah Universal Music menandainya sebagai aktivitas streaming yang mencurigakan.

Lagu-lagu tersebut ditarik dari Spotify karena diduga menggunakan bot untuk memperbanyak jumlah siaran, sebuah praktik yang dikenal sebagai streaming buatan. Apalagi saat ini AI makin berkembang ke ranah industri musik.

Langkah Spotify ini bukan terkait dengan masalah hak cipta, penghapusan ini tidak terkait langsung dengan metode yang digunakan untuk menghasilkan lagu melainkan bagaimana mereka menjadi jumlah streaming mereka.

Boomy diluncurkan pada dua tahun lalu dan memungkinkan pengguna menghasilkan musik yang dihasilkan oleh AI.

Namun tidak semua genre, melainkan hanya dengan gaya dan deskripsi seperti musik meditasi atau lo-fi beat. Kemudian pengguna dapat mengunggah trek yang dibuat Boomy ke platform streaming dan mendapatkan royalti darinya.

Menurut situs webnya, Boomy telah menghasilkan lebih dari 14,5 juta lagu yang menurut mereka hampir 14% dari rekaman musik dunia. Spotify sendiri dilaporkan menghapus 7% lagu yang dihasilkan dari AI Boomy.

"Streaming buatan adalah masalah lama di seluruh industri yang sedang dikerjakan Spotify untuk diberantas di seluruh layanan kami," kata Spotify kepada The Financial Times yang dilansir dari Mashable, Jumat (12/5/2023).

CEO Spotify Daniel Elk menggambarkan musik yang dihasilkan oleh AI itu keren dan menakutkan. Ia juga mengatakan bahwa musk yang dibuat oleh AI berpotensi besar untuk kreativitas tetapi tentu industri musik memiliki kekhawatiran tentang kebangkitan musik yang dihasilkan AI.

"Kami bekerja dengan mitra kami untuk mencoba membangun posisi di mana kami mengizinkan inovasi tetapi pada saat yang sama melindungi semua pencipta yang kami miliki di platform kami," ujarnya.

Penghapusan ini terjadi sebulan setelah Universal meminta layanan streaming untuk menindak musik yang dihasilkan AI karena masalah hak cipta. Salah satu lagu yang dihasilkan oleh AI dihapus adalah Heart On My Sleeve karya asli dari Drake dan The Weeknd.

Sementara lagu tersebut telah dihapus dari platform streaming karena pelanggaran hak cipta, hal itu menimbulkan gelombang baru kecemasan teknologi AI,



Simak Video "Spotify Pangkas 6% Karyawan Globalnya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
back to top