Saatnya UKM Naik Level dengan Zoho CRM

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Walau berskala kecil, namun sudah saatnya UKM Indonesia maju dan dapat bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.
Salah satu yang menjadi penentu keberhasilan persaingan UKM saat ini adalah keberadaan teknologi, salah satunya software CRM. Masalahnya, software CRM lekat dengan citra harga mahal dan hanya dapat dinikmati oleh perusahaan skala besar.
Padahal, saat ini banyak muncul software CRM yang terjangkau tak hanya oleh perusahaan besar, namun juga UKM dan memiliki fitur lengkap, salah satunya adalah Zoho CRM.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Apa itu Software CRM dan Apa Fungsinya?
Software CRM sendiri adalah sebuah alat yang bertindak sebagai satu tempat penyimpanan untuk menyatukan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, kebijakan, dan karyawan dalam satu platform.
Software CRM yang baik berfungsi dalam memberikan informasi menyeluruh tentang interaksi pelanggan dengan perusahaan, mulai dari penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan.
Selain itu, software CRM juga berfungsi menyederhanakan proses kerja tim penjualan sejak awal mereka berhubungan dengan calon pelanggan, merawat hubungan dengan mereka, mengubahnya menjadi penjualan, hingga menerima umpan balik setelah mereka bertransaksi.
Sebagai salah satu software CRM terbaik, Zoho CRM memiliki beragam fitur yang sangat diperlukan bagi UKM yang ingin berkembang dalam lanskap kompetitif.
1. Kontak dan Manajemen Leads
Inti dari Zoho CRM adalah sistem manajemen kontak dan leads yang tangguh. Hal ini memungkinkan UKM untuk memusatkan informasi pelanggan, melacak leads di berbagai tahapan, dan mendapatkan informasi menyeluruh tentang interaksi mereka.
Fitur ini menyederhanakan proses pengelolaan, pemeliharaan, dan konversi leads menjadi pelanggan setia.
2. Otomatisasi Penjualan
Efisiensi adalah hal terpenting bagi UKM dan software otomatisasi penjualan Zoho CRM menyediakan hal tersebut.
Dengan alur kerja, otomatisasi proses, dan template email, tim penjualan dapat menyederhanakan tugas yang berulang, mengurangi pekerjaan manual, dan fokus pada hal terbaik yang mereka lakukan: mencapai kesepakatan.
3. Manajemen Pipeline
Memahami jalur penjualan sangat penting bagi UKM. Zoho CRM menawarkan tampilan pipeline secara visual dan dapat dikustom, memungkinkan bisnis melacak peluang, menganalisis tingkat konversi, dan memperkirakan pendapatan.
Mudahnya, pengusaha UKM dapat melihat berapa banyak leads yang mereka dapatkan dan berapa banyak yang akhirnya membeli dari mereka. Ini adalah alat yang berharga untuk membuat keputusan tentang apa yang harus pengusaha lakukan di tiap tahapnya berdasarkan data.
4. Integrasi Email
UKM seringkali mengandalkan email untuk komunikasi, terutama untuk menjaga hubungan dengan pelanggan mereka.
Zoho CRM terintegrasi secara mulus dengan platform email populer. Zoho CRM kini memiliki tampilan berangkai untuk email Anda, sehingga dapat membuka email apa pun dan memperluas daftar email terlampir untuk melihat seluruh riwayat komunikasi.
Saat ini, pengguna dapat mengirim, menerima, dan melacak email langsung dari software CRM. Hal ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memastikan bahwa semua komunikasi disimpan di satu tempat sebagai referensi.
5. Pelaporan dan Analisis
Wawasan berbasis data sangat penting bagi UKM untuk mengambil keputusan yang tepat.
Zoho CRM menyediakan serangkaian alat pelaporan dan analisis, yang memungkinkan bisnis membuat laporan khusus, mengukur kinerja penjualan, dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Pelaporan dan analisis di Zoho CRM sekarang juga makin mudah berkat kehadiran Zia, asisten berkemampuan artificial intelligence (AI) yang dapat menganalisis data Anda dan menyajikan laporan yang mudah dimengerti untuk Anda.
6. Pengelolaan Tugas dan Aktivitas
Mengelola tugas, janji temu, dan tindak lanjut ke leads menjadi mudah dengan Zoho CRM. UKM dapat mengatur pengingat, menjadwalkan kegiatan, dan tetap teratur, memastikan tidak ada interaksi penting atau deadline yang terlewat.
7. Aksesibilitas Seluler
Di dunia yang bergerak cepat seperti saat ini, aksesibilitas seluler sangatlah penting. Zoho CRM menawarkan aplikasi seluler yang memungkinkan UKM mengelola hubungan pelanggan, mengakses data, dan melacak penjualan di ponsel cerdas mereka, memastikan bahwa mereka selalu mendapat informasi terbaru, di mana pun mereka berada.
8. Skalabilitas
Seiring bertumbuhnya UKM, kebutuhan software CRM mereka mungkin juga ikut berubah.
Zoho CRM dirancang untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, mengakomodasi perubahan kebutuhan mereka tanpa memerlukan konfigurasi ulang yang rumit.
Jika Anda baru memulai usaha, Anda dapat mencoba paket yang paling murah karena mungkin Anda belum memerlukan fitur CRM tingkat lanjut.
Begitu bisnis bertumbuh, makin banyak leads yang Anda dapat, makin besar tim yang Anda punya, dan makin kompleks operasi bisnisnya. Anda dapat beralih ke paket yang lebih tinggi dengan fitur tingkat lanjut untuk menyederhanakan proses kerja di tim Anda.
9. Integrasi yang Luas
UKM sering kali mengandalkan banyak alat untuk menjalankan operasinya. Misalnya, Anda menggunakan email dari Google, platform chatbot dari Zendesk, dan membangun situs web dari Wordpress.
Zoho CRM terintegrasi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga itu, memungkinkan bisnis menyesuaikan CRM dengan kebutuhan mereka yang unik.
Hal terpentingnya, untuk mengurus bisnis, Anda tidak perlu lagi berpindah-pindah software dan platform yang tentu membuat bisnis makin rumit.
Privasi dan Keamanan Data
Selain beragam fitur CRM yang cocok untuk UKM, pengusaha juga hendaknya memilih software CRM yang berkomitmen penuh dalam menjaga privasi dan data penggunanya.
Zoho berkomitmen untuk tidak memiliki model pendapatan iklan di bagian mana pun dari bisnisnya, termasuk jika Anda menggunakan Zoho CRM versi gratis atau melakukan uji coba gratis.
Perusahaan memiliki dan mengoperasikan pusat datanya, memastikan pengawasan lengkap atas data pelanggan, privasi, dan keamanan. Lebih dari 80 juta pengguna di seluruh dunia, ratusan ribu perusahaan, mengandalkan Zoho setiap hari untuk menjalankan bisnis mereka, termasuk Zoho sendiri.
(Content Promotion/Zoho)