• Home
  • Berita
  • Potensi AI Tumbuh Pesat, Telkom Bakal Lebih Gencar Investasi

Potensi AI Tumbuh Pesat, Telkom Bakal Lebih Gencar Investasi

Redaksi
Jul 27, 2024
Potensi AI Tumbuh Pesat, Telkom Bakal Lebih Gencar Investasi
Jakarta -

Di era digital seperti saat ini, Telkom memandang pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebuah keniscayaan. Telkom akan semakin gencar berinvestasi teknologi AI.

Direktur Digital Bisnis Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, mengatakan potensi pertumbuhan teknologi anyar itu akan semakin pesat ke depannya, baik di Indonesia maupun secara global.

"Kami melihat teknologi berkembang dengan sangat cepat dan kami juga percaya bahwa salah satu teknologi yang berkembang itu AI. Dan, AI ini menjadi salah satu bidang dimana kami melakukan investasi agar lebih berkembang lagi di bidang ini," ujar Fajrin di sela-sela Digiland 2024, Jakarta, Sabtu (27/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, Telkom sudah mengadopsi AI, begitu juga anak perusahaannya, seperti Telkomsel, yang menghadirkan layanan customer service kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna lebih cepat dan efisien daripada sebelumnya.

Adapula, Telkom berinvestasi kepada perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang AI. Fajrin mengungkapkan ke depannya, tidak menutup kemungkinan Telkom kembali berinvestasi di bidang tersebut.

ADVERTISEMENT

"Kami melihat bahwa AI ke depan berkembang pesat. Kami terbuka untuk kolaborasi. Kami membangun kapabilitas AI, termasuk melakukan investasi tapi juga berpartner pihak-pihak luar Telkom, seperti startup, kami melakukan investasi beberapa startup, termasuk di bidang AI," tutur Fajrin.

"Saya pikir kalau bicara ke depan, tentu porsi investasi ini akan semakin besar karena pasar AI di Indonesia dan dunia itu tunbuh sangat pesat," tambahnya.

Teknologi AI menjadi salah satu topik yang dibahas di Digiland Conference 2024 yang digelar di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta pada hari ini. Mengangkat tema "Elevating Your Future", Telkom mengajak masyarakat, khususnya anak muda, berani hadapi perubahan teknologi.

Direktur Digital Bisnis Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid di Digiland Conference 2024 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Adapun Digiland Conference 2024 tersebut merupakan rangkaian Digiland 2024. Keesokan harinya, Telkom menggelar Digiland Run 2024 dengan menyajikan kategori lomba lari 5K, 10K, dan 21K (Half Marathon). Tercatat, ada 10 ribu pelari yang akan menyemaraki acara tersebut di kawasan GBK, Sudirman, Gatot Subroto, dan hingga Senayan.

Selain itu, perusahaan plat merah ini juga menghadirkan Music Festival, Digital Land, Sustainability Land, serta Pasar Rakyat dan UMKM pada tanggal 27 Juli sampai 28 Juli 2024.



Sam Altman Sebut AI Berpotensi Kacaukan Sistem Kehidupan Sosial

Sam Altman Sebut AI Berpotensi Kacaukan Sistem Kehidupan Sosial


(agt/agt)
back to top