• Home
  • Berita
  • Nonton Olimpiade di Paris, Awas Banyak WiFi Berbahaya

Nonton Olimpiade di Paris, Awas Banyak WiFi Berbahaya

Redaksi
Jul 27, 2024
Nonton Olimpiade di Paris, Awas Banyak WiFi Berbahaya
Jakarta -

Pakar keamanan di Kaspersky menganalisa puluhan ribu lokasi WiFi gratis di Paris, Prancis, menjelang Olimpiade Musim Panas dan Paralimpiade yang akan digelar di kota itu.

Global Research and Analysis Team (GReAT) memetakan dan menilai keamanan pada jaringan WiFi publik yang mungkin akan ditemui pengunjung Paris. Mereka menganalisis 47 ribu rekaman sinyal di lokasi populer, dan kemudian mengidentifikasi hampir 25 ribu titik WiFi gratis di Paris.

Area yang dianalisis oleh Kaspersky ini meliputi Arc de Triomphe, Avenue des Champs-Élysées, Museum Louvre, Menara Eiffel, Katedral Notre dame, Sungai Seine, Trocadéro, Stade de France.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari analisis tersebut Kaspersky menemukan 25% di antaranya adalah jaringan WiFi yang memiliki kelemahan keamanan yang serius, seperti enkripsi yang lemah atau tidak ada sama sekali. WiFi ini rentan terhadap intersepsi, dekripsi, atau serangan peretasan.

Selain itu, hampir satu dari lima (20%) masih menggunakan standar keamanan WPS, sebuah algoritma yang ketinggalan zaman dan mudah disusupi, sehingga menjadikannya sangat rentan terhadap serangan WPS yang berpotensi menyebabkan hilangnya data. Hanya enam persen dari jaringan yang dianalisis menggunakan protokol keamanan WPA3 terbaru.

ADVERTISEMENT

"Seperti para olahragawan yang berlatih untuk olahraga musim panas di Prancis, penjahat dunia maya juga telah menyiapkan sambutan yang tidak menyenangkan bagi jutaan orang yang menuju hotel, zona penggemar, dan acara di Paris. Mereka mungkin memasang titik akses palsu atau menyusupi jaringan sah untuk mencegat dan memanipulasi proses transfer data," kata Amin Hasbini, kepala unit penelitian META di GReAT, dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (27/7/2024).

"Jaringan Wi-Fi yang terbuka dan salah dikonfigurasi sangat menarik bagi para penjahat dunia maya, karena memungkinkan pencurian kata sandi, detail kartu kredit, dan data sensitif pengguna lainnya," tambahnya.

Untuk mengatasi rendahnya keamanan jaringan WiFi ini, Kaspersky menyarankan penggunaan virtual private network (VPN), misalnya Kaspersky VPN Secure Connection, untuk memberikan lapisan keamanan tambahan saat menggunakan jaringan WiFi yang tak aman.

Dengan menutupi alamat IP dan mengenkripsi semua data yang dikirimkan, VPN memastikan informasi pribadi dan keuangan tetap terlindungi saat menggunakan Wi-Fi publik.

Agar tetap aman saat menggunakan Wi-Fi publik, para ahli Kaspersky juga merekomendasikan tips berikut ini:

  • Hindari Transaksi Sensitif: Jangan mengakses perbankan atau akun sensitif lainnya saat menggunakan Wi-Fi publik.
  • Verifikasi Jaringan: Pastikan jaringan tersebut sah dengan melakukan konfirmasi kepada perusahaan yang menawarkannya.
  • Aktifkan Firewall: Pastikan firewall perangkat Anda aktif untuk memblokir akses tidak sah.
  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat: Selalu gunakan kata sandi yang kuat dan unik serta aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan ekstra.
  • Terus Perbarui Perangkat Lunak: Perbarui sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak antivirus Anda secara rutin untuk melindungi dari ancaman terbaru.
  • Nonaktifkan Berbagi File: Matikan berbagi file dan AirDrop di perangkat Anda untuk mencegah akses tidak sah.


Intip Kampung Olimpiade Paris 2024

Intip Kampung Olimpiade Paris 2024


(asj/fay)
back to top