• Home
  • Berita
  • iPhone Makin Tak Dilirik di China, Tak Masuk 5 Besar

iPhone Makin Tak Dilirik di China, Tak Masuk 5 Besar

Redaksi
Jul 27, 2024
iPhone Makin Tak Dilirik di China, Tak Masuk 5 Besar
Jakarta -

Nasib iPhone di China makin terpuruk setelah Apple ditendang dari daftar lima besar pabrikan ponsel terbesar di negara tersebut, kalah dari Vivo, Oppo, Honor, Huawei, dan Xiaomi.

Menurut data Canalys market share Apple di China merosot menjadi 14% pada Q2 2024, turun dari 15% pada Q1 2024 dan 16% pada Q2 2023. Selain itu pada Q2 2023 pun Apple masih menjadi pabrikan ponsel terbesar ketiga di China, sementara pada Q2 2024 mereka merosot ke posisi ke-6.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa vendor domestik menguasai posisi lima besar," kata Lucas Zhong, analis peneliti di Canalys, seperti dikutip detikINET dari CNBC..

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penurunan pengapalan produk Apple sudah terjadi sejak Q1 2024, di mana pengapalannya menurun 25% secara year on year menjadi 10 juta unit. Berdasarkan data Canalys, lima besar pabrikan dengan market share terbesar di China adalah Vivo (19%), Oppo (16%), Honor (15%), Huawei (15%), dan Xiaomi (14%). Sementara sisanya adalah merk lain dengan market share 21%.

Secara keseluruhan, pasar ponsel China tumbuh 10% secara year on year pada Q2 2024, dengan pengapalan unit sebanyak 70 juta unit.

ADVERTISEMENT

Zhong juga menyebutkan dominasi vendor ponsel China untuk perangkat flagship dan kolaborasi mendalam dengan rantai pasok lokal menjadi alasan mereka bisa berada di posisi lima besar.

"Kolaborasi mendalam dengan rantai pasok lokal mulai terlihat hasilnya dalam fitur hardware dan software. Honor Magic V3, yang menggunakan GenAI, bisa meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan untuk perangkat layar lipat," jelas Zhong.

Di sisi lain, Zhong menyebut Apple tengah mengalami masalah di China karena mereka sedang berusaha menstabilkan harga ritel dan melindungi keuntungan mitra penjualannya di China.

Ke depannya, Canalys menyebut kalau sangat penting bagi Apple untuk melokalisasi Apple Intelligence di China dalam 12 bulan ke depan. Pasalnya pabrikan asal China pun berlomba-lomba membenamkan AI generatif ke produk buatannya.



Seputar iPhone Layar Lipat yang Diprediksi Rilis 2026

Seputar iPhone Layar Lipat yang Diprediksi Rilis 2026


(asj/afr)
back to top