• Home
  • Berita
  • Pohon Beracun Ditemukan di Taman Kota, Efeknya Mengerikan!

Pohon Beracun Ditemukan di Taman Kota, Efeknya Mengerikan!

Redaksi
Aug 09, 2024
Pohon Beracun Ditemukan di Taman Kota, Efeknya Mengerikan!
Jakarta -

Seorang perempuan segera memperingatkan warga sekitar dan orang-orang setelah menemukan pohon beracun di taman kota. Tanaman itu adalah giant hogweed atau Heracleum mantegazzianum.

Melalui video yang dia unggah di akun TikTok @britofbaking, dia mengingatkan soal bahaya yang bisa terjadi jika melakukan kontak dengan tumbuhan tersebut.

"Ini adalah tanaman yang sangat berbahaya. Ini invasif," ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hal itu benar-benar akan melukai tangan Anda, dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen karena getah tersebut menyebabkan fotosensitivitas yang telah diperingatkan oleh Royal Horticultural Society (RHS)," lanjutnya.

@britofbaking PSA - if you're in the UK and go on nature walks or just walk your dog etc please keep away from giant hogweed because it's a toxic invasive species and if the sap gets on yours or your animals skin it causes permanent damage. The sap reduces your skins ability to protect itself from UV light for up to 7 years I believe and you'll blister and be in a lot of pain. Do visit the Royal Horticultural Website for more information and contact your local council to have it removed if you see it. #naturewalks #hogweed #gianthogweed #invasivespecies #ukholidayadvice #uktraveladvice #forestbathing public service announcement #publicserviceannouncement #dangerousnature #toxicplants #ukgarden ♬ original sound - BritofBaking

ADVERTISEMENT

Giant hogweed tergolong dalam famili Apiaceae. Dia masuk dalam keluarga tanaman wortel dan sebenarnya berasal dari Asia Tengah dan Kaukakus. Meski begitu, tanaman ini cukup populer di Inggris setelah dibawa untuk menjadi tanaman hias.

Melansir website resmi RHS, zat kimia dalam getah tanaman yang satu ini dapat menyebabkan fotodermatitis atau fotosensitivitas. Akibatnya, kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari dan dapat melepuh, berpigmentasi, dan menimbulkan bekas luka yang lama hilangnya.

Bunga dari giant hogweed berwarna putih dan tersusun dalam umbel. Semua bunga dalam umbel menghadap ke atas. Kepala bunganya bisa mencapai lebar 60 cm, tingginya dapat menyentuh 3,5 m atau lebih dan lebarnya sekitar 1-2 m.

Lebih lanjut, saat mengendalikan gulma giant hogweed, selalu kenakan sarung tangan, tutupi lengan dan kaki Anda. Sebaiknya, kenakan masker wajah saat bekerja di dekat gulma tersebut.

Ingat, sisa-sisa tanaman yang dipotong, pakaian dan peralatan yang terkontaminasi juga berpotensi bahaya. Segera cuci kulit yang bersentuhan dengan tanaman tersebut. Pastikan orang yang membersihkan tanaman ini mengetahui risikonya dan kompeten dalam menangani gulma yang satu ini.



Pakar Tidak Anjurkan Kecubung Sebagai Obat Tradisional, Kenapa Ya?

Pakar Tidak Anjurkan Kecubung Sebagai Obat Tradisional, Kenapa Ya?


(ask/fay)
back to top