• Home
  • Berita
  • Operator Kirim Sinyal Darurat ke Pemerintah Soal Fitur Starlink Ini

Operator Kirim Sinyal Darurat ke Pemerintah Soal Fitur Starlink Ini

Redaksi
Jun 05, 2024
Operator Kirim Sinyal Darurat ke Pemerintah Soal Fitur Starlink Ini
Jakarta -

Belum reda kedatangan Starlink masuk ke pasar ritel internet Indonesia bikin gempar belakangan ini. Perusahaan Elon Musk itu sedang mengembangkan layanan Direct to Cell, yakni menghubungkan ponsel pengguna langsung ke satelit.

XL Axiata menilai kemajuan teknologi tersebut harus segera diantisipasi oleh Pemerintah Indonesia. Operator seluler berharap pemerintah mengedepankan prinsip kesetaraan antar pemain industri telekomunikasi tanah air.

"Direct to Cell sama saja kayak langsung ke customer atau B2C. Itu yang kita berharap pemerintah juga menerapkan level playing field yang sama," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Reza Mirza ditemui awak media di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terkait layanan Direct to Cell Starlink ini, Reza menyebutkan belum ada pembahasan antara operator seluler dengan pemerintah, terutama akan masuk ke Indonesia.

Sebagai informasi, Starlink telah mengembangkan bisnis internet di Indonesia dari sebelumnya hanya melayani pelanggan korporasi sebagai backhaul Telkomsat, anak perusahaan Telkom. Kini, Starlink sudah bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia alias segmen business to consumer (B2C).

ADVERTISEMENT

Keberadaan Starlink yang terjun ke segmen ritel internet ini yang membuat industri telekomunikasi riuh dalam beberapa hari ke belakang. XL Axiata sendiri membuka diri untuk berkolaborasi dengan Starlink, hanya saja niatan tersebut belum tercapai.

"Karena kalau langsung ke end user itu dampaknya besar ke industri. (Komunikasi) dengan ATSI, semua melalui ATSI. Jadi, menunggu arahan pemerintah," sebutnya.

Disampaikan Reza, operator seluler meminta agar pemerintah dapat memberikan kebijakan Starlink menjalin kerja sama dengan pemain dalam negeri.

"Kita melihatnya itu sebagai new technology yang bisa dikolaborasikan, kita mendorong memohon ke pemerintah agar starlink itu setidaknya melakukan kerja sama dengan penyelenggara seluler atau operator dalam hal ini. Jadi tidak direct langsung ke end user," tuturnya.



Simak Video "Operator Seluler Ketar-ketir soal Sepak Terjang Starlink di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)
back to top