• Home
  • Berita
  • OpenAI Akan Rilis Mesin Pencari Pesaing Google Pekan Depan

OpenAI Akan Rilis Mesin Pencari Pesaing Google Pekan Depan

Redaksi
May 13, 2024
OpenAI Akan Rilis Mesin Pencari Pesaing Google Pekan Depan
Jakarta -

Rumor soal OpenAI menggarap mesin pencari yang ditenagai kecerdasan buatan (AI) sudah beredar cukup lama. Sepertinya OpenAI akan merilis produk pesaing Google itu dalam waktu dekat.

Menurut laporan Reuters, OpenAI disebut akan merilis produk mesin pencarinya pada Senin (13/5/2024) besok. Perusahaan besutan Sam Altman itu belum mengonfirmasi kabar tersebut, yang mengindikasikan tanggal pengumumannya bisa saja berubah.

Pemilihan tanggal 13 Mei cukup menarik, karena Google juga akan mengadakan event Google I/O sehari setelahnya pada 14 Mei. Selain update Android terbaru, Google kemungkinan akan memanfaatkan event ini untuk memamerkan deretan produk baru terkait AI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kabar soal peluncuran mesin pencari OpenAI ini muncul tidak lama setelah laporan Bloomberg yang mengatakan produk tersebut akan menyaingi Google dan Perplexity, mesin pencari buatan startup AI dengan nama yang sama.

Laporan Bloomberg itu mengklaim produk baru OpenAI akan memungkinkan pengguna bertanya kepada ChatGPT dan chatbot itu akan memberikan jawaban yang menyertakan kutipan dari sumber online seperti berita, postingan blog, halaman Wikipedia, dan lain-lain.

ADVERTISEMENT

Tanda-tanda kehadiran mesin pencari buatan OpenAI juga terungkap lewat URL search.chatgpt.com yang tiba-tiba muncul. Sebenarnya pengguna ChatGPT saat ini sudah bisa mengakses fitur pencarian web, tapi hanya untuk pengguna yang belangganan ChatGPT Plus, seperti dikutip dari 9to5Google, Jumat (10/5/2024).

Sementara itu Google mulai menguji coba Search Generative Experience (SGE). Fitur baru ini memanfaatkan AI generatif untuk memberikan konteks tambahan atas kueri penelusuran pengguna dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber di web.

Google juga sudah menunjuk Head of Search baru sekaligus mengungkap rencananya untuk memperluas layanan SGE. Namun rumor terbaru menyebutkan Google akan menjadikan SGE sebagai fitur berbayar.



Simak Video "Microsoft Ngaku Tak Punya Bagian Kepemilikan Atas OpenAI"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top