• Home
  • Berita
  • Huawei Makin Mandiri, Pura 70 Series Banyak Pakai Komponen Buatan China

Huawei Makin Mandiri, Pura 70 Series Banyak Pakai Komponen Buatan China

Redaksi
May 12, 2024
Huawei Makin Mandiri, Pura 70 Series Banyak Pakai Komponen Buatan China
Jakarta -

Huawei belum lama ini meluncurkan Pura 70 series di China yang mendapat sambutan positif dari konsumen. Rupanya lini ponsel flagship ini menggunakan lebih banyak komponen lokal buatan China dibandingkan ponsel mereka sebelumnya.

Perusahaan servis gadget iFixit dan perusahaan konsultan TechSearch International belum lama ini mengoprek Huawei Pura 70 Pro untuk meneliti komponennya. Mereka menemukan sejumlah komponen penting ponsel ini dibuat oleh Huawei sendiri dan sejumlah pemasok asal China lainnya.

Menurut laporan Reuters, Huawei Pura 70 Pro menggunakan chip Kirin 9010 buatan Huawei. Chip ini dibuat menggunakan fabrikasi 7nm dan sedikit lebih canggih dibandingkan chip Kirin 9000S yang digunakan oleh Huawei Mate 60 Pro series.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Meskipun kami tidak bisa memberikan persentase pastinya, kami dapat mengatakan penggunaan komponen dalam negeri tinggi dan jelas lebih tinggi dibandingkan Mate 60," kata teknisi utama iFixit Shahram Mokhtari, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (10/5/2024).

"Ini tentang swasembada, semua ini, semua yang Anda lihat ketika membuka ponsel ini dan melihat apapun yang dibuat oleh pabrikan China, ini semua tentang swasembada," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Huawei memang dipaksa jadi mandiri setelah masuk dalam daftar hitam dagang Amerika Serikat pada tahun 2020. Setelah tidak bisa mengakses chip dan teknologi pembuat chip buatan Barat, Huawei berhasil mengembangkan chip 5G pertamanya yang debut di Mate 60 series tahun lalu.

Selain CPU, Pura 70 Pro diketahui menggunakan chip memori flash NAND 1TB yang diproduksi oleh HiSilicon, unit semikonduktor Huawei. Chip ini setara dengan produk buatan produsen flash memory ternama seperti SK Hynix, Micron, dan Kioxia.

Ini merupakan perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan Mate 60 Pro yang menggunakan memori internal dan DRAM buatan SK Hynix. Tapi Pura 70 Pro diketahui masih menggunakan DRAM buatan SK Hynix.

Huawei Pura 70 Pro juga menggunakan beberapa komponen penting lainnya yang diproduksi oleh HiSilicon, seperti modul Wi-Fi dan Bluetooth serta chip manajemen daya. Komponen seperti amplifier audio dan LED flash driver diperoleh dari perusahaan lokal seperti Goodix dan Awinic.

Meski begitu, komponen seperti sensor giroskop dan akselerometer di Huawei Pura 70 Pro masih menggunakan produk buatan perusahaan asal Jerman Bosch. iFixit meyakini ada perusahaan asal China yang bisa memproduksi sensor tersebut secara lokal, yang membuat mereka bingung kenapa Huawei menggunakan produk buatan asing.



Simak Video "Momen Konsumen di Tiongkok Berburu Ponsel Terbaru Huawei Pura 70"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top