• Home
  • Berita
  • Netizen China Debat iPhone 15 Pro Vs Mate 60 Pro, Banyak Pilih Mana?

Netizen China Debat iPhone 15 Pro Vs Mate 60 Pro, Banyak Pilih Mana?

Redaksi
Sep 17, 2023
Netizen China Debat iPhone 15 Pro Vs Mate 60 Pro, Banyak Pilih Mana?
Jakarta -

Pemerintah China melakukan segala cara untuk mematikan iPhone 15 Series yang baru diluncurkan di negaranya. Pejabat dan karyawan perusahaan milik negara 'diharamkan' menggunakan HP anyar Apple, tetapi tampaknya cara itu tidak cukup.

Setidaknya, tidak cukup untuk mematikan minat orang terhadap iPhone 15. Reuters melaporkan bahwa di Weibo terdapat jutaan diskusi tentang iPhone 15 series.

Jumlah tersebut melampaui satu juta diskusi tepat setelah Tim Cook meluncurkan iPhone 15. Topik yang ditujukan untuk acara yang bertajuk Wonderlust itu menarik 380 juta penayangan di Weibo, dengan lebih dari 800 ribu diskusi, termasuk postingan, komentar, dan like pada iPhone 15.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentu saja, tidak semua dari hampir satu juta diskusi tersebut berkisar pada pujian bagi penerus iPhone 14. Ada juga yang menyampaikan pendapat berbeda.

Tapi terlepas dari itu, kehadiran iPhone 15 menjadi pemanasan untuk perang Amerika vs Huawei yang telah dimulai pada tahun 2018. Larangan pemerintah China terhadap iPhone bukanlah suatu kebetulan, melainkan secara kronologis sejalan dengan peluncuran Huawei Mate 60 Pro yang diincar beberapa minggu terakhir.

Sebuah survei yang dilakukan oleh portal berita China, Sina, di Weibo menanyakan kepada peserta tentang preferensi ponsel cerdas mereka, dan memilih antara Mate 60 dan iPhone 15. Hasilnya menunjukkan 61.000 suara untuk perangkat Huawei dibandingkan dengan 24.000 suara untuk iPhone 15.

Survei ini memang tidak bisa dijadikan patokan. Namun bisa dianggap sebagai bukti serius mengenai apa yang akan terjadi, namun sampai batas tertentu hal ini masih merupakan indikator pasar.

Secara keseluruhan, mereka yang memuji iPhone 15 baru karena terpesona oleh chip A17 Pro yang bertenaga dan kemampuan gaming yang ditingkatkan. China yang memiliki banyak gamer mobile pasti akan tergoda.

Sedikit informasi, Apple masih menguasai pasar ponsel flagship selama paruh pertama tahun 2023 dengan market share 67%. Di posisi kedua ada Huawei dengan 15,6%. Angka ini tentu akan berubah seiring hadirnya Mate 60 series dan iPhone 15, kira-kira pangsa pasar siapa yang akan tergerus?



Simak Video "Terobosan Huawei Melawan Sanksi AS Lewat Mate 60 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)
back to top