• Home
  • Berita
  • Blackmagic Design Rilis Cinema Camera 6K, Sensornya Full Frame

Blackmagic Design Rilis Cinema Camera 6K, Sensornya Full Frame

Redaksi
Sep 17, 2023
Blackmagic Design Rilis Cinema Camera 6K, Sensornya Full Frame
Jakarta -

Blackmagic Design memamerkan kamera video terbarunya yang bernama Cinema Camera 6K, kamera pertama mereka yang menggunakan sensor full frame.

Sensor yang dipakai punya resolusi 24,6MP (6.048x4.032 pixel), bisa merekam dengan resolusi hingga 6K, dan dilengkapi dual native ISO untuk performa low light yang dijanjikan luar biasa.

Oh ya, selain merupakan kamera pertama Blackmagic Design dengan sensor full frame, Cinema Camera 6K juga jadi kamera pertama mereka yang menggunakan L-mount untuk lensanya, bukan EF mount milik Canon seperti Pocket Cinema Camera 6K.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Blackmagic Cinema Camera 6K Foto: Dok. Blackmagic Design

L-mount ini adalah mounting lensa yang digarap oleh L-mount alliance, yang anggotanya adalah Panasonic, Leica, Sigma, dan Leitz, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (17/9/2023).

Sama seperti kamera Blackmagic lain, Cinema Camera 6K juga tak dilengkapi fitur standar seperti continous autofocus dan stabilisasi, karena memang didesain untuk perekaman video cinema.

"Dengan Blackmagic Cinema Camera 6K baru ini, kami mau membuat kamera paling portabel untuk sinematografi large format kelas atas. Karena itulah kami menggunakan platform Pocket Cinema Camera dan mengubah komponen elektronik di dalamnya untuk mengikuti sensor full frame dan L-Mount," kata CEO Blackmagic Grant Petty.

Sensor lebih besar ini menjanjikan sejumlah keuntungan untuk perekaman video, terutama depth of field yang lebih tipis dan performa lebih baik di kondisi kurang cahaya.

Blackmagic Cinema Camera 6K Foto: Dok. Blackmagic Design

Blackmagic menjanjikan dynamic range sebesar 13 stop serta dual ISO menjadi 25.600. Dengan penggunaan L-mount, kamera ini juga jadi kamera pertama Blackmagic yang menggunakan mounting lensa mirrorless -- yang lensanya lebih ramping dibanding lensa untuk DSLR.

Semua resolusi standar dan frame rate didukung oleh Cinema Camera 6K, termasuk DCI 4K dan 6K. Resolusi 6K (3:2) juga mendukung frame rate 36fps, atau 60 fps di (2,4:1), juga 60 fps di 4K DCI. Sementara frame rate tertingginya, 120fps, tersedia di resolusi HD.

Layar belakang Cinema Camera 6K punya tingkat kecerahan maksimal 1500 nits, berukuran 5 inch dan bisa sedikit diputar ke atas. Perekaman videonya adalah 12 bit Blackmagic RAW atau H.264 proxy, dan bisa direkam ke CFexpress B atau ke SSD lewat port USB-C.

Ada juga port XLR yang bisa dikunci, output HDMI, baterai NP-F570, dan BMPCC Pro Grip opsional. Kamera ini sudah mulai dijual dengan harga USD 2.595, dan menjadi kamera cinema full frame paling murah yang ada di pasaran.



Simak Video " Intip Kecanggihan Lensa dan Kamera Terbaru Keluaran Sony"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)
back to top