• Home
  • Berita
  • Nasib Suntik Mati TV Analog Usai Menkominfo Johnny Plate Ditahan

Nasib Suntik Mati TV Analog Usai Menkominfo Johnny Plate Ditahan

Redaksi
May 29, 2023
Nasib Suntik Mati TV Analog Usai Menkominfo Johnny Plate Ditahan
Jakarta -

Di era Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate siaran TV analog mulai dimatikan dan digantikan dengan TV digital secara bertahap. Lalu, bagaimana nasib analog switch off (ASO) saat ini?

Seperti diketahui, Johnny terseret kasus dugaan korupsi BTS Bakti Kominfo dan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Sementara itu, ASO yang mulai diterapkan sejak 2 November 2022 saat ini belum rampung. Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan nasib ASO ini.

Disampaikan Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia bahwa migrasi TV analog ke digital itu masih tetap dilaksanakan.

"Insya Allah jalan terus karena tidak ada kaitannya dengan Bakti," tegas Gery kepada detikINET, Senin (29/5/2023).

Pada dasarnya, ASO ini semestinya tuntas pada 2 November 2022 jika mengacu pada Undang-Undang Cipta Kerja. Sejumlah wilayah siarah di kota-kota besar Indonesia menjadi sasaran diterapkannya suntik mati TV analog ini sebelum merambah ke daerah pelosok.

Ada 11 kota besar jadi tujuan awal pemadaman siaran TV analog dan digantikan TV digital, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Denpasar, Medan, Makassar, Palembang, dan Banjarmasin yang sudah ASO. Wilayah siaran di Medan dan Makassar akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Gery menyebutkan implementasi ASO di Medan (Sumatera Utara-1) dan Makassar (Sulawesi Selatan-1) dilakukan apabila distribusi set top box TV digital bagi rumah tangga miskin (RTM) ekstrem sudah disalurkan di angka 90%.

"Sulawesi Selatan-1 (Makasar dan sekitarnya) distribusi STB baru 76% sedangkan Sumatera Utara-1 ( Medan dan sekitarnya) baru 33%, ASO akan dilaksanakan setelah distribusi STB utk RTM mencapai minimal 90%," ucapnya.

Mengenai ASO secara nasional, Gery mengatakan data terkini bahwa tinggal 98 stasiun TV analog yang tengah berproses untuk beralih ke digital.

"Lagi dibicarakan dengan semua lembaga penyiaran. Posisi hari ini 587 stasiun TV sudah siaran TV digital sisanya 98 stasiun TV analog sedang proses ke digital," kata dia.

Meskipun belum menyeluruh, Kominfo mengklaim masyarakat mulai banyak beralih ke siaran TV digital dan meninggalkan siaran TV analog. Berdasarkan hasil survei Nielsen Indonesia pada 15 Mei 2023 menunjukkan penetrasi TV digital mendekati normal, Jawa mendekati 100%, rata-rata 11 kota besar penetrasi digital sudah mencapai 92% menuju normal.

"Dan dampak terhadap penetrasi digital nasional lebih dari 76% Infrastruktur Mux sudah dibangun (di 112 wilayah siaran yang terdampak ASO) oleh TVRI dan swasta, 587 stasiun TV analog sudah bersiaran digital dan 98 TV analog proses migrasi ke TV digital, sehingga seluruh masyarakat di seluruh Indonesia yang terdampak ASO sudah menikmati siaran TV digital dan meninggalkan siaran TV analog," tuturnya.

"Insya Allah setelah ASO Medan dan Makassar penetrasi digital akan semakin normal menuju 100%," pungkas Gery.



Simak Video "Pernyataan Johnny Plate Usai Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)
back to top