• Home
  • Berita
  • Fenomena Langka, Danau Muncul di 'Lembah Kematian'

Fenomena Langka, Danau Muncul di 'Lembah Kematian'

Redaksi
Feb 13, 2024
Fenomena Langka, Danau Muncul di 'Lembah Kematian'
Jakarta -

Sebuah danau terbentuk di wilayah Amerika Serikat yang dianggap sebagai salah satu tempat terkering di Bumi, tujuh bulan setelah dilanda badai. Tempat itu adalah Lembah Kematian alias Death Valley.

Taman Nasional Death Valley, di California, AS, memegang rekor suhu terpanas yang pernah tercatat pada 10 Juli 1913, menurut World Meteorological Organization (WMO) sebesar 56 derajat Celcius.

Meski menjadi tempat terkering di Amerika Utara, danau yang terbentuk pasca Badai Hilary pada Agustus 2023 ini masih belum sepenuhnya kering.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Death Valley biasanya menerima curah hujan sekitar 2 inci per tahun, namun pengukur cuaca resmi di Furnace Creek mengukur 4,9 inci dalam enam bulan terakhir. Pada tanggal 20 Agustus tahun lalu, curah hujan selama bertahun-tahun turun dalam satu hari dengan pengukuran 2,2 inci.

Danau tersebut terbentuk di Badwater Basin pada bulan Agustus, di tempat yang biasanya merupakan dataran garam. Selain itu, curah hujan selama beberapa minggu terakhir menyebabkan danau tersebut diperkirakan akan bertahan lebih lama dibandingkan kondisi sebelumnya.

"Sebagian besar dari kami mengira danau itu akan hilang pada bulan Oktober," kata penjaga taman nasional Abby Wines, dikutip dari Mirror seperti dilansir Selasa (13/2/2024).

Death Valley dikenal sebagai salah satu tempat terkering di Bumi. Foto: via Mirror

"Kami terkejut melihatnya masih ada di sini setelah hampir enam bulan. Hujan minggu ini akan memperpanjang berapa lama danau itu berada di sini. Terlalu dangkal untuk berkayak, tapi ini menghasilkan pantulan pemandangan pegunungan yang menakjubkan," ujarnya.

Menurut otoritas taman nasional, danau sementara di Badwater Basin jarang ditemukan. Namun cekungan tersebut sebenarnya adalah bekas danau pedalaman, yang disebut Danau Manly, yang telah lama mengering. Menurut taman nasional, danau tersebut ada dalam dua periode terakhir dan terakhir mengering sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Meskipun Death Valley dikenal sebagai lokasi dengan suhu terpanas yang pernah tercatat di Bumi, dan suhu terik selama musim panas meskipun tidak ada rekornya, suhu tertinggi minggu ini terjadi sekitar tahun 1950-an hingga 1960-an.

Suhu musim panas sering kali mencapai 49°C di tempat teduh, dan suhu terendah pada malam hari turun hingga 30°C. Daerah ini sangat kering sehingga tidak ada hujan sama sekali yang tercatat pada tahun 1929 dan 1953. Wilayah terkering yang pernah tercatat hanya curah hujan sebesar 0,64 inci selama periode 40 bulan pada tahun 1931 hingga 1934.


Badai Hilary adalah badai tropis pertama yang memasuki California sejak badai Nora pada tahun 1997. Badai tersebut menyebabkan sekitar 26 juta orang di empat negara bagian (Arizona, California, Nevada, dan Utah), ditempatkan di bawah peringatan banjir. Death Valley masih dalam masa pemulihan dari kerusakan yang diakibatkan oleh Badai Hilary namun pejabat taman mengatakan sebagian besar jalan kini telah dibuka kembali.



Simak Video "Sejumlah Daerah di Sumatera Diminta Waspada Cuaca Ekstrem"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)
back to top