• Home
  • Berita
  • Mozilla Kritik Microsoft karena Pakai Data Pribadi untuk Latih AI

Mozilla Kritik Microsoft karena Pakai Data Pribadi untuk Latih AI

Redaksi
Sep 06, 2023
Mozilla Kritik Microsoft karena Pakai Data Pribadi untuk Latih AI
Jakarta -

Mozilla meluncurkan kampanye untuk mempetisi Microsoft terkait AI, yaitu menggunakan data penggunanya untuk melatih kecerdasan buatan (AI).

Petisi berbentuk pertanyaan itu kurang lebih berbunyi seperti ini: "Apakah kalian menggunakan data pribadi kami untuk melatih AI?"

"Jika empat pengacara, tiga ahli privasi, dan dua pengkampanye tidak bisa melihat tujuan Microsoft dalam perjanjian tersebut, berapa besar kemungkinan orang biasa bisa (melihat tujuan) tersebut?" tulis Mozilla.

Mozilla membuat petisi ini setelah Microsoft memperbarui Service Agreement-nya, di mana ada tambahan bagian baru berjudul "AI Services", di mana Microsoft menyebutkan bahwa mereka bisa memproses dan menyimpan input terhadap layanan mereka, termasuk juga output dari layanan mereka.

Lalu bagian privasi di Service Agreement tersebut juga diperluas terkait layanan berbasis AI, termasuk Bing Chat.

Seperti diketahui, teknologi AI generatif -- termasuk ChatGPT -- membutuhkan data-data tertentu untuk melatih teknologi tersebut. Data-data ini tidak bisa dihasilkan sendiri, melainkan harus diambil dari pengguna.

Dalam Service Agreement Microsoft yang panjang itu seharusnya bisa memberikan klarifikasi yang jelas terkait tujuan Microsoft dalam mempergunakan data pengguna untuk melatih AI, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (6/9/2023).

Namun menurut Mozilla, tujuan utama Microsoft masih layak untuk dipertanyakan, bahkan setelah melibatkan tim pakar seperti pengacara, ahli privasi, dan lainnya, untuk mengulas Service Agreement tersebut.

Selama beberapa hari terakhir, Mozilla terus menekan Microsoft untuk lebih transparan mengenai praktik AI-nya. Mozilla memanfaatkan berbagai akun media sosialnya untuk meramaikan kampanye ini.

Di sisi lain, Mozilla terus mengkampanyekan langkah yang lebih bertanggung jawab dan lebih bisa diterima oleh masyarakat terkait pendekatan ke teknologi AI generatif.



Simak Video "Siap-siap! WhatsApp Uji Coba Fitur Bikin Stiker dengan AI"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)
back to top