• Home
  • Berita
  • Misteri Spiral Terbang di Langit Hawaii

Misteri Spiral Terbang di Langit Hawaii

Redaksi
Jan 29, 2023
Misteri Spiral Terbang di Langit Hawaii

Badan astronomi Jepang melaporkan temuan benda spiral terbang misterius di langit Hawaii, Amerika Serikat. Fenomena langit apaan tuh?

National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ) melaporkan bahwa Teleskop Subaru-Asahi STAR milik mereka menangkap gambar misterius. Bentuknya adalah spiral yang melayang di langit.

Posisinya ada di Maunakea, Hawaii, pada tanggal 18 Januari 2023.Temuan ini pun ditayangkan di akun YouTube mereka.

"Sebuah spiral melayang misterius terlihat di atas Maunakea tanggal 18-01-2023. Sungguh pemandangan tidak biasa! Tahukah Anda itu apa?" kata mereka melempar pertanyaan dilansir dari NDTV, Minggu (29/1/2023).

Video ini dapat 606 likes dan ditonton 270 kali. Banyak netizen bertanya apakah ini alien atau Andromeda.

NAOJ beberapa waktu kemudian menemukan jawabannya dan mengumumkannya di Twitter. Rupanya itu adalah bahan bakar roket yang membeku milik SpaceX.

Menurut Space.com, SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dari Cape Canaveral, Florida pada 18 Januari 2023. Falcon 9 membuang kelebihan bahan bakar ke lautan, hal itulah yang tampak menjadi spiral misterius di langit.

Fenomena langit misterius baru-baru ini juga terjadi di langit Gunung Merapi, DI Yogyakarta. Sebuah benda bercahaya melintas di atas Gunung Merapi dari terekam dalam video.

Netizen jadi heboh dibuatnya. Namun Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang memastikan benda bercahaya itu adalah sebuah satelit.

Andi menjelaskan, satelit tersebut merupakan Falconsat-3 dari program pengembangan satelit yang dilakukan USAFA atau Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat. Satelit itu jatuh di dekat perairan Madagaskar.

"Update terbaru, Falconsat-3 dengan Nomor Katalog NORAD 30776U, sudah dinyatakan reentry atau memasuki atmosfer bumi pada 23 Januari 2023 pukul 18.23 UT (24 atau Januari 2023 pukul 01.23 WIB) di perairan Samudera Hindia dekat Madagaskar," kata Andi melalui pesan singkat, Kamis (26/1).

back to top