• Home
  • Berita
  • 100 Influencer Diperiksa Gegara Endorse Menyesatkan di Australia

100 Influencer Diperiksa Gegara Endorse Menyesatkan di Australia

Redaksi
Jan 29, 2023
100 Influencer Diperiksa Gegara Endorse Menyesatkan di Australia

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) mengatakan akan memeriksa lebih dari 100 influencer setelah beberapa konsumen melapor pada regulator tentang beberapa endorsement yang dinilai menyesatkan.

"Jumlah tip-off mencerminkan keprihatinan masyarakat tentang teknik pemasaran manipulatif yang terus meningkat di media sosial, yang dirancang untuk mengeksploitasi atau menekan konsumen agar membeli barang atau jasa," kata Ketua ACCC Gina Cass-Gottlieb dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Rappler, Minggu (29/1/2023).

Sebagai bagian dari penyisiran, ACCC telah mulai meninjau Facebook, Instagram, TikTok, Snapchat, YouTube dan layanan streaming Twitch, ungkap Cass-Gottlieb.

Penyelidikan akan menargetkan influencer di bidang fashion, kosmetik, makanan dan minuman, perjalanan, kebugaran, pengasuhan anak, game, dan teknologi. ACCC juga akan memeriksa apakah pengiklan, pemasar, merek, dan platform media sosial memfasilitasi pelanggaran apa pun.

Individu yang melanggar undang-undang konsumen Australia dapat didenda hingga AUD2,5 juta atau Rp 26,6 miliar.

ACCC telah melakukan serangkaian investigasi sebagai bagian dari Penyelidikan Layanan Platform Digital yang lebih luas, yang berfokus pada penyediaan layanan media sosial, termasuk postingan bersponsor dan iklan influencer di platform media sosial. Diharapkan untuk menyerahkan laporan interim keenam pada 31 Maret.

back to top