• Home
  • Berita
  • Manusia Rp 1.700 Triliun Jadi Seleb di Negerinya, Digilai Perempuan

Manusia Rp 1.700 Triliun Jadi Seleb di Negerinya, Digilai Perempuan

Redaksi
Jun 12, 2024
Manusia Rp 1.700 Triliun Jadi Seleb di Negerinya, Digilai Perempuan
Jakarta -

Seiring melesatnya Nvidia, Jensen Huang selaku sang pendiri dan CEO juga semakin terkerek popularitasnya, terkhusus di negara dia dilahirkan, Taiwan. Nvidia yang kin valuasinya lebih dari USD 3 triliun, membuat Huang kekayaannya tembus USD 107 miliar menurut Forbes, atau lebih dari Rp 1.700 triliun.

Saat ini, ke mana pun Jensen Huang pergi, banyak orang yang meneriakkan namanya dan berebut selfie dan tanda tangan. Ia bukan selebritis biasa, melainkan engineer berusia 61 tahun.

"Dia benar-benar diperlakukan seperti bintang rock. Jensen melihat peluang ini untuk mengembangkan Nvidia. Dia jelas menikmati momen ini," kata analis teknologi Bob O'Donnell yang dikutip detikINET dari BBC seperti dilansir Rabu (12/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat mengunjungi pameran Computex di Taipei baru-baru ini, dia mengenakan jaket buat pengendara motor Tom Ford seharga USD 9.000, dipajang minggu ini di Computex di Taiwan.

Para pengunjung, banyak yang perempuan, mengerumuni dirinya. Huang, yang lahir di Taiwan namun pindah ketika berusia lima tahun, berpose di banyak foto. Bahkan menuliskan namanya di dada seorang wanita di konferensi tersebut, sambil bertanya-tanya apakah itu adalah ide yang bagus.

ADVERTISEMENT

Baik saat melakukan lemparan pertama pada pertandingan bisbol atau mengunjungi pasar malam, tiap gerakan Huang diikuti para penggemarnya di negara asalnya dan banyak sekali pengikutnya di media sosial. Media Taiwan menjuluki fenomena tersebut sebagai 'Jensanity'

Huang berada di momen ledakan teknologi kecerdasan buatan atau AI, di mana chip Nvidia laris manis sebagai pendukung teknologi itu. Terlebih lagi, chip kelas atas, termasuk untuk AI, telah menjadi sumber ketegangan geopolitik Amereka Serikat dan China. Tapi Taiwan-lah yang saat ini berada di posisi teratas dalam industri ini, memproduksi hampir semua chip tercanggih di dunia melalui perusahaan seperti TSMC.

Itulah yang meroketkan popularitas Nvidia dan Jensen Huang. Keberhasilannya juga menjadi kebanggaan bagi Taiwan, sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim oleh China. Ekspor chip Taiwan telah menjadi penyelamat sekaligus alat soft power.

Meskipun ia tinggal di Santa Clara di California tempat kantor pusat Nvidia, Huang sering mengunjungi Taiwan. Dia selalu menekankan bahwa Nvidia akan terus berinvestasi di pulau tersebut.

Saat bicara di stadion penuh sesak di Taipei, dia menyoroti pentingnya Taiwan dalam membangun infrastruktur teknologi kecerdasan buatan (AI), yang memicu kebangkitan Nvidia. "Taiwan adalah pahlawan tanpa tanda jasa, pilar dunia yang teguh," katanya, sambil menunjuk gambar yang menunjukkan nama hampir 100 pemasok Nvidia di Taiwan.

Minggu ini, dia mengatakan kepada wartawan bahwa Nvidia berencana membangun kantor pusat regional di Taiwan, yang merupakan kabar baik bagi negeri pulau tersebut. Saham Nvidia telah naik lebih dari 200% selama setahun terakhir, yang sepertinya akan terus menaikkan pamor Jensen Huang.



Simak Video "Saham Nvidia Melonjak 16,4%, Lampaui Amazon-Alphabet"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)
back to top