• Home
  • Berita
  • Mantan Karyawan Bongkar Rahasia Aplikasi Facebook Kuras Baterai

Mantan Karyawan Bongkar Rahasia Aplikasi Facebook Kuras Baterai

Redaksi
Jan 30, 2023
Mantan Karyawan Bongkar Rahasia Aplikasi Facebook Kuras Baterai

Sebuah rumor lama kembali beredar, menyebutkan aplikasi Facebook dan Facebook Messenger menguras baterai ponsel yang menginstalnya. Salah satu mantan karyawan Facebook mengakui rumor ini benar adanya.

Disebutkan mantan karyawan Facebook George Hayward yang merupakan seorang data scientist, Facebook diam-diam menguras baterai ponsel penggunanya dengan sengaja. Seperti dikutip dari The New York Post, sebenarnya ada sebutan untuk hal ini. Di internal Facebook, aktivitas ini disebut 'pengujian negatif'.

Pengujian negatif memungkinkan raksasa jejaring sosial itu secara diam-diam menghabiskan baterai ponsel pengguna untuk menguji fitur pada suatu aplikasi atau untuk melihat bagaimana gambar dapat dimuat. Hayward dipecat oleh induk Facebook, Meta, karena menolak berpartisipasi dalam pengujian negatif.

"Saya berkata kepada manajer, ini dapat membahayakan seseorang. Lalu dia (manajer) berkata, 'Dengan merugikan beberapa orang, kita dapat membantu massa yang lebih besar'. Setiap data scientist yang baik tahu, kita seharusnya tidak merugikan orang," katanya.

Hayward dipecat oleh Meta pada November 2023 dan awalnya mengajukan gugatan terhadap perusahaan di Pengadilan Federal Manhattan. Pria berusia 33 tahun itu bekerja untuk aplikasi Facebook Messenger Meta yang mengirimkan teks, panggilan telepon, dan panggilan video antar pengguna.

Dalam gugatan tersebut, pengacara Hayward, Dan Kaiser, menunjukkan bahwa menguras baterai smartphone pengguna menempatkan orang lain dalam risiko, terutama "dalam keadaan di mana mereka perlu berkomunikasi darurat dengan orang lain, termasuk dengan polisi atau petugas penyelamat lainnya."

Gugatan itu harus ditarik karena ketentuan kerja Meta memaksa Hayward untuk memperdebatkan kasusnya di arbitrase. Kaiser mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak tahu bahwa Facebook dan perusahaan media sosial lainnya dapat menguras baterai dengan sengaja. Mengomentari praktik pengujian negatif, pengacara menambahkan, "Ini jelas ilegal. Baterainya dapat dimanipulasi oleh siapa pun."

Saat pertama kali dipekerjakan di tahun 2019, Hayward menerima gaji tahunan enam digit dari Meta. Tetapi ketika sampai pada permintaan perusahaan untuk melakukan pengujian negatif, Hayward menolaknya.

"Saya tidak bersedia melakukan tes ini. Itu ilegal. Dan sejak saat itu, semuanya tidak berjalan dengan baik," ujarnya.

Pada satu titik selama ia bekerja di Meta, perusahaan menyerahkan dokumen pelatihan internal kepada Hayward berjudul "Bagaimana menjalankan tes negatif yang bijaksana." Dokumen tersebut menyertakan contoh cara menjalankan pengujian tersebut.

Setelah membaca dokumen tersebut, Hayward mengatakan bahwa menurutnya Facebook telah menggunakan pengujian negatif sebelumnya. Dia menambahkan, "Saya belum pernah melihat dokumen yang lebih mengerikan dari itu sepanjang karir saya."

back to top