• Home
  • Berita
  • Cuaca Ekstrem Bisa Bikin Nintendo Switch Berembun

Cuaca Ekstrem Bisa Bikin Nintendo Switch Berembun

Redaksi
Jan 30, 2023
Cuaca Ekstrem Bisa Bikin Nintendo Switch Berembun

Masalah yang lazim terjadi di Nintendo Switch adalah stick Joy-Con yang nge-drift. Namun masalahnya ternyata bukan cuma itu. Duh.

Dari kicauan akun dukungan milik Nintendo di Twitter, terungkap kalau konsol handheld itu juga bisa berembun. Di akun @nintendo_cs tersebut mereka memperingatkan agar pengguna berhati-hati jika Switch-nya berembun.

Jika hal itu terjadi, pengguna harus buru-buru mematikan Switch. Iya, dimatikan. Bukan dimasukkan dalam mode sleep. Tak jelas mengapa Nintendo tiba-tiba mengeluarkan peringatan ini.

Pasalnya, sejak Nintendo pertama merilis Switch hampir enam tahun lalu, mereka belum pernah mengeluarkan peringatan semacam ini.

Dalam kicauan itu Nintendo mengingatkan agar pengguna berhati-hati dengan perubahan temperatur sekitar yang terlalu drastis. Hal tersebut bisa yang kemungkinan bisa membuat Switch berembun dan kemudian merusak konsol.

[Gambas:Twitter]

Apalagi jika kondensasi atau embun tersebut muncul di dalam konsol. Ini karena jeroan Switch bisa menghasilkan panas yang kemudian didinginkan menggunakan kipas dan membuang udara panas itu ke luar konsol. Hal inilah yang bisa saja membuat jeroan Switch jadi berembun saat dipakai di tempat yang terlalu dingin.

Mungkin yang ditakutkan Nintendo adalah pengguna yang membawa Switch dari dalam ruangan dengan pemanas dan kemudian langsung membawanya ke luar ruangan saat kondisi sedang sangat dingin. Mungkin peringatan ini ada kaitannya dengan cuaca ekstrem di beberapa negara, termasuk Jepang, yang terjadi saat ini.

Dalam kicauan itu juga dijelaskan cara mematikan Switch secara total, yaitu dengan menekan tombol power selama tiga detik dan memilih Power Options > Turn Off. Atau bisa juga dengan menekan tombol power selama 12 detik.

back to top