• Home
  • Berita
  • Liga Esports Nasional 2023 Resmi Diluncurkan, Total Hadiah Rp 3 Miliar

Liga Esports Nasional 2023 Resmi Diluncurkan, Total Hadiah Rp 3 Miliar

Redaksi
Jul 01, 2023
Liga Esports Nasional 2023 Resmi Diluncurkan, Total Hadiah Rp 3 Miliar
Jakarta -

Kompetisi esports besutan Garudaku dan PBESI bertajuk Liga Esports Nasional 2023 resmi diluncurkan. Ajang bergengsi ini menawarkan total hadiah yang cukup besar hingga Rp 3 miliar.

Liga Esports Nasional 2023 terbuka bagi seluruh gamer di Indonesia. Sistem yang diberlakukan nantinya terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1.

Berdasarkan informasi yang diterima detikINET, Sabtu, (1/7/2023), PBESI dan Garudaku bakal menggunakan format promosi dan degradasi. Jadi tim yang berhasil di liga, dapat naik ke level lebih tinggi, dan yang berada di bawah harus turun ke tempat lebih rendah.

Seperti yang disampaikan di atas, liga ini bersifat terbuka. Namun pihak penyelenggara sejatinya menerapkan tiga konsep utama, yakni Terbuka, Tersebar, dan Tertata.

Itu artinya, Liga Esports Nasional 2023 terbuka untuk seluruh pecinta esports di Tanah Air, lalu tersebar ke seluruh pelosok Indonesia, dikelola secara profesional, dan transparan dengan dasar untuk memajukan esports serta kesejahteraan masyarakat.

Namun sayangnya, untuk saat ini game yang dipilih hanya ada Mobile Legends. Padahal masih ada beberapa game yang cukup populer, seperti Crossfire, Valorant, Arena of Valor, Free Fire, PUBG Mobile, atau League of Legends: Wild Rift.

Terlebih lagi, tiga di antara judul di atas punya prestasi gemilang. Ambil contoh PUBG Mobile sebelumnya sudah menorehkan hasil yang begitu memuaskan di SEA Games 2023 Kamboja. Wakil Indonesia ini sukses menyumbangkan emas di nomor pertandingan tim dan mendapatkan perak di kategori solo.

Selain itu juga ada Valorant, yang sebelumnya juga mati-matian berjuang di SEA Games 2023, hingga akhirnya mendapatkan emas. Meskipun torehan ciamik itu sempat diwarnai insiden yang tidak diinginkan ketika Singapura berbuat curang di laga final.

Kemudian ada Crossfire yang jelas-jelas menunjukkan peningkatan. Timnas mampu menyabet perak pada tahun ini, setelah sebelumnya terhenti di peringkat ketiga di SEA Games 2021 Vietnam.

Oleh sebab itu, hal ini mengundang beragam reaksi dari netizen. Salah satunya menyampaikan kalau ini seharusnya disebut Liga Esports Mobile Legends, alih-alih dikatakan sebagai Liga Esports Nasional 2023.

Alasan Hanya Mobile Legends di Liga Esports Nasional 2023

Terkait alasan Mobile Legends dipilih untuk Liga Esports Nasional 2023, Ashadi Ang, Ketua Bidang Humas PBESI, memberikan jawabannya. Menurutnya, alasan memilih game besutan Moonton itu karena persebarannya paling luas dan jumlah pemainnya terbanyak di Indonesia.

"Mengapa? Karena sesuai dengan konsep Tersebar, Terbuka, dan Tertata, kami ingin mewadahi sebanyak mungkin atlet di Indonesia," ujar Ashadi.

Lantas bagaimana dengan game lain, apakah akan tersedia? Ashadi melanjutkan, konsep Liga Esports Nasional adalah setiap game yang diputuskan untuk memiliki liga sendiri, sehingga akan dijalankan secara terpisah dengan timeline yang berbeda.

"Tujuannya adalah untuk dapat menyesuaikan dengan kejuaraan dan turnamen di masing-masing game. Jadi, memang konsep Liga Esports Nasional dipisahkan berdasarkan game-nya, tidak digabungkan dalam satu kejuaraan," kata Ashadi.

Terlepas dari hal itu, keberadaan liga ini memang menjadi bentuk nyata PBESI dan Garudaku untuk mengembangkan esports di Indonesia. Sebagaimana dikatakan oleh Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian PBESI, bahwa ini bentuk komitmen dan keseriusan keduanya untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports di Tanah Air.

"Sekaligus konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan. Menjadi komitmen PBESI dalam mengembangkan, memajukan dan menguatkan kompetensi esports Indonesia untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dan menjadi negara terdepan di kancah esports internasional," kata Bambang.

"Oleh karena itu Liga Esports Nasional 2023 dipersiapkan untuk misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategis PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi pelatih serta atlet nasional berkompetensi dunia," tambahnya.

Bagi gamer yang ingin berpartisipasi di Liga Esports Nasional 2023, pendaftarannya sudah dibuka. Gamer dapat mendaftar dari tanggal 27 Juni - 18 Juli 2023 di situs resmi Garudaku.



Simak Video "Persiapan SEA Games 2023, Timnas Esports Indonesia Ikut Training Camp"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/rns)
back to top