• Home
  • Berita
  • Lancar Jaya! Ini Tips agar Main Game Online Tidak Lag

Lancar Jaya! Ini Tips agar Main Game Online Tidak Lag

Redaksi
Aug 01, 2023
Lancar Jaya! Ini Tips agar Main Game Online Tidak Lag
Jakarta -

Menghabiskan waktu dengan bermain game online tentunya sangat mengasyikkan. Apalagi jika dimainkan bersama teman-teman (mabar), akan terasa lebih seru.

Namun, keseruan bermain game bisa terganggu jika terjadi lag. Ketika hal tersebut terjadi, permainan menjadi terganggu, bahkan kemenangan pun bisa gagal diraih.

Lag saat bermain game online bisa terjadi karena beberapa sebab. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara agar main game online lancar jaya dan bebas nge-lag.

1. Cek Jaringan Internet

Jika menggunakan wifi, coba pindahkan router ke lokasi yang lebih sentral di rumah. Nyalakan ulang (restart) router. Jika ini tidak membantu koneksi, mungkin sinyal Wi-Fi kesulitan menjangkau konsol game atau di mana pun user berada dengan PC.

Gunakan Wi-Fi extension untuk memperluas sinyal nirkabel. Dengan bantuan benda tersebut, koneksi internet akan menyebar ke setiap sudut di rumah.

Jika internet disokong dari jaringan seluler, cobalah untuk aktifkan sementara mode pesawat untuk me-restart jaringan. Bila perlu restart gadget yang digunakan. Cara lainnya adalah dengan pindah ke tempat yang jaringannya lebih baik. Untuk itu cek indikasi sinyal pada gadget.

2. Atur WiFi

Ada perbedaan antara sinyal Wi-Fi yang tidak menjangkau cukup jauh dan sinyal Wi-Fi yang lemah. Jadi, jika sinyal Wi-Fi lemah, hal tersebut perlu diperbaiki. Ingatlah selalu bahwa jika sinyal terganggu, kecepatan internet pun ikut terganggu.

Berikut adalah daftar hal-hal yang dapat dicoba untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi (yang akan membantu meningkatkan kecepatan internet):

- Upgrade band 2.4GHz umum ke band 5GHz

- Atur ulang posisi antena router jika ada

- Upgrade router ke model terbaru (dengan antena)

- Lihat ke platform manajemen jaringan Wi-Fi

3. Hapus Cache

Cobalah menutup aplikasi dan program lain yang tidak diperlukan saat bermain game. Hal ini dapat membantu mengurangi cache pada gadget agar meningkatkan performanya. Jadi, mabar game akan lebih optimal.

4. Update Software Secara Berkala

Sebagian orang mungkin menganggap update atau pembaruan perangkat lunak secara berkala adalah hal sepele, sehingga mereka kerap mengabaikannya. Biasanya mereka mengabaikan hal tersebut karena PC berjalan dengan baik.

Tetapi bermain game adalah salah satu tugas paling intensif sumber daya yang harus dilakukan komputer. Dan ketika tidak ada update penting, banyak komponennya akhirnya berjalan jauh di bawah kapasitasnya.

5. Atur Kualitas Grafis

Selain masalah pada jaringan, cobalah cek pengaturan game untuk menurunkan kualitas grafisnya. Sebab semakin tinggi kualitas grafis suatu game, maka gadget yang digunakan pun dipaksa untuk bekerja lebih keras. Hal itu lah yang bisa menyebabkan lag muncul saat game dimainkan.

Salah satu game yang bisa diatur grafisnya adalah Mobile Legend: Bang Bang. Bermain Mobile Legend akan makin asyik jika top up diamond melalui dompet digital DANA.

Game-DANA Foto: Shutterstock

Menariknya, kamu bisa mendapatkan bonus diamond MLBB sampai dengan 1 juta, loh! Tak hanya itu, kamu juga bisa klaim voucher diskon hingga Rp25Rb di A+ di DANA.

Selain itu, top up Mobile Legend dengan dompet digital DANA juga cukup mudah dan sat set. Begini caranya:


● Masuk ke profil di Google Play, lalu pilih Kelola Metode Pembayaran.

● Pilih Tambah Metode Pembayaran, lalu pilih DANA ikuti langkah selanjutnya.

● Beli games atau langganan aplikasi favoritmu di Google Play.

● Pilih bayar pakai DANA selesai deh!

Yuk, segera download dan pakai DANA sekarang juga untuk pengalaman nge-game yang lebih menyenangkan!



Simak Video "Ambisi YouTube Kembangkan Game Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
back to top