• Home
  • Berita
  • Review Realme 11 Pro Plus 5G: Tampilan Mewah Hipnotis Mata

Review Realme 11 Pro Plus 5G: Tampilan Mewah Hipnotis Mata

Redaksi
Aug 01, 2023
Review Realme 11 Pro Plus 5G: Tampilan Mewah Hipnotis Mata
Jakarta -

Juli menjadi bulannya Realme 11 Pro Plus 5G. Pasalnya HP ini membawa sejumlah gebrakan yang membuat pecinta gadget terhipnotis.

Bagaimana tidak tampilannya langsung menggoda mata. Belum lagi spesifikasi yang bawa terbilang tinggi di kelasnya.

Perpaduan tersebut sudah cukup menjadi alasan menjadikan Realme 11 Pro Plus 5G menjadi daily driver. Setidaknya ini telah detikINET buktikan dalam dua pekan menggunakan HP ini, berikut review singkatnya.

Desain Mewah

Mewah, satu kata yang patut disematkan pada tampilan Realme 11 Pro Plus 5G verian Sunrise Beige. Kolaborasi kreatif antar Realme Design Studio dan Matteo Menotto, mantan desainer Gucci Prints, menyuguhkan desain premium.

Realme 11 Pro Plus 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bila kebanyakan HP di kelasnya menggunakan material plastik yang dipoles bak kaca, Realme mengambil jalur berbeda. Mereka menggunakan bahan kulit buah leci.

Bahan tersebut begitu nyaman saat berada dalam genggaman. Agar tampilannya memikat diberikan setrip 3D Woven Texture seperti pada pakaian modis yang melingkari modul kamera hingga ke bagian bawah Realme 11 Pro Plus.

Matteo mengaku desain tersebut terinspirasi dari keindahan kota Milan yang sarat akan fesyen kelas atas. Agar tetap menjaga keindahan tampilan belakangnya, Realme menyertakan case silicon transparan pada paket penjualannya.

Satu faktor yang agak disayangkan Realme 11 Pro Plus belum memiliki IP rating. Tapi toh mayoritas perangkat di kelasnya juga sama, jadi hal tersebut masih bisa dimaklumi.

Realme 11 Pro Plus 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Terlepas dari itu Realme 11 Pro Plus terasa cukup ringan di tangan dengan berat 184g. Memasukkan ke saku atau dalam tas tidak memberatkan.

Tombol power dan pengaturan volume ada di sisi kanan. Meskipun tidak memiliki tekstur khusus, tombol yang sangat tipis ini sedikit menonjol, sehingga mudah untuk menemukan dan menekan tombol tanpa harus melihat ponsel.


Layar Kaya Warna

Realme 11 Pro Plus memiliki layar OLED melengkung 6,7 inch Full HD+ dengan refresh rate 120Hz, dan touch sampling rate 360Hz. Layarnya terang karena memiliki kecerahan puncak hingga 950 nits sehingga keterbacaan sinar matahari juga baik.

HP ini menawarkan output warna yang baik karena memiliki rentang warna DCI-P3 100% dan dukungan satu miliar warna. Kita pun dapat memilih mode warna layar vivid, Natural dan Pro.

Realme 11 Pro Plus 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Realme menyertakan teknologi redup frekuensi tinggi 2160Hz. Di lingkungan gelap (kecerahan di bawah 90 nits) di mana DC dimming tidak bisa bekerja, Realme 11 Pro Plus akan secara otomatis beralih ke mode redup PWM 2160Hz untuk menjaga warna yang akurat di layar dengan pengalaman mata yang lebih nyaman, kata perusahaan.

HP ini juga mendukung HDR10+ yang bekerja untuk YouTube namun belum di Netflix. Pun begitu kita dapat mengaktifkan video HDR boost dari pengaturan tampilan, yang meningkatkan warna saat memutar video SDR agar terlihat seperti HDR.

Ada juga opsi video color boost yang meningkatkan warna layar untuk pengalaman visual yang memanjakan mata. Menikmati hiburan di HP ini makin terpuaskan berkat adanya speaker stereo yang terdengar lantang di telinga.

Selanjutnya Kamera, Performa dan Baterai >>>

Kamera 200 MP

Kamera menjadi jualan utama Realme 11 Pro Plus. Kamera utamanya 200MP menggunakan sensor ISOCELL HP3 dari Samsung . Pemeran pendukungnya mencakup lensa ultra-wide 8MP dan makro 2MP.

Realme selalu menjadi yang terdepan dalam kecakapan kamera di segmennya dan kali ini tidak berbeda. Bidikan siang hari dari penembak utama diukir dengan sangat detail dan menampilkan warna secara akurat. Rentang dinamis setara dengan penawaran unggulan dan ukuran sensor yang besar memungkinkan lebih banyak cahaya untuk menerangi lanskap apa pun dengan benar.

Realme 11 Pro Plus 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamera 200MP mengambil bidikan resolusi penuh yang dapat menambahkan lebih banyak area crop-in. Kamera ini juga membuat pengguna Realme 11 Pro Plus dapat melakukan zoom 2X dan 4X yang hasil cukup baik.

Di malam hari, selama cahayanya tidak terlalu redup, performanya juga lebih baik. Selain itu ada fitur Super OIS yang melakukan pekerjaan yang baik, tidak ketinggalan fitur Street yang bikin seru memotret momen di sekitar.

Berikut hasil jepretan:

Ini hasil crop dari jepretan kamera 200 MP. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Ini hasil kamera 200 MP. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil zoom 4x Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jepretan standard Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jepretan standar. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil foto malam. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil foto malam. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto makanan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode Street Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode Street. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Realme 11 Pro Plus menandai debut MediaTek Dimensity 7050 SoC. Dengan berpadu RAM 12 GB, kinerja HP ini mengalami peningkatan dari pendahulunya yang dibekali Dimensity 920.

Realme 11 Pro Plus 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun peningkatannya tidak bisa disebut signifikan. Setidaknya itu mengacu pada hasil benchmark Realme 11 Pro Plus.

Pada uji Antutu, HP ini memiliki skor 571.783 yang merupakan lompatan sekitar lima persen dari Realme 10 Pro Plus. Geekbench 6 mendapatkan hasil single-core dan multi-core 960 dan 2.430.

Terlepas dari hasil uji ini, saat Realme 11 Pro Plus membuka aplikasi harian bersamaan dapat berjalan mulus tanpa lag. HP ini dapat memainkan game, seperti COD Mobile dan PUBG, tanpa masalah.

Realme 11 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai Tahan Lama

Realme patut diberikan pujian karena berhasil menjejalkan baterai 5.000mAh di dalam bodi yang begitu tipis. HP ini mampu bertahan untuk waktu yang lama tanpa perlu sering-sering mengisi daya.

Saat digunakan standar keseharian, baterai Realme 11 Pro Plus dapat menyokong seharian. Ini sejalan dengan pengujian Work 3.0 PCMark yang menorehkan 16 jam 54 menit.

Mengasikannya lagi, HP ini sudah dibekali pengisian cepat 100W yang mampu mengisi 100% dalam waktu 26 menit saja.

Realme 11 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Opini detikINET

Bila kamu mencari ponsel yang penampilan luarnya yang bagus dipadukan dengan kinerja lancar menjalankan aplikasi harian dan dapat mengabadikan momen dengan baik, Realme 11 Pro Plus 5G ini bisa jadi pilihannya.

Realme 11 Pro Plus 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Desain bagian belakangnya begitu mewah dipandang serta nyaman dalam genggaman. Menonton film maupun serial favorit terasa maksimal lewat HP ini.

Soal performa, membuka beragam aplikasi sekaligus tidak ada kendala. Bermain game favorit yang tidak membutuhkan grafis tinggi dapat dilahap dengan lancar.

Baterai tidak hanya tahan lama tapi juga cepat terisi. Paling terpenting kamera 2depan dan belakangnya bisa mengabdikan momen dengan ciamik.

(afr/afr)
back to top