• Home
  • Berita
  • Kondisi Twitter Makin Mengkhawatirkan

Kondisi Twitter Makin Mengkhawatirkan

Redaksi
Feb 26, 2023
Kondisi Twitter Makin Mengkhawatirkan

Kondisi Twitter sejak diakuisisi Elon Musk terlihat mengkhawatirkan dan belum menunjukkan adanya perbaikan, setidaknya secara internal.

Kabar terbaru dari jejaring media sosial tersebut adalah Slack yang biasa dipakai untuk berkomunikasi secara internal mendadak dimatikan, yang kabarnya untuk pemeliharaan rutin, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (26/2/2023).

Lalu pada hari yang sama, Jira -- software yang dipakai untuk memantau semua penambahan fitur Twitter -- juga berhenti beroperasi. Artinya, para engineer Twitter tak bisa menambahkan kode baru, juga tak bisa berkomunikasi dengan engineer lainnya. Alhasil para engineer pun akhirnya mengambil jatah cutinya.

Akses ke Jira memang kemudian dikembalikan pada Kamis lalu waktu setempat, namun Slack tetap tak bisa diakses, dan menurut sejumlah karyawan Slack, hal itu bukan karena ada pemeliharaan rutin. "Itu bohong," katanya.

Hal yang sebenarnya terjadi adalah Twitter belum membayar tagihan Slack-nya. Namun itu pun juga penyebab Slack tak bisa diakses, karena kabarnya Slack itu memang sengaja dimatikan oleh seseorang di Twitter.

Mungkin saja, Twitter mau beralih ke aplikasi lain untuk koordinasi antar karyawan. Pasalnya Musk menggunakan aplikasi Mattermost -- pesaing Slack -- untuk berkoordinasi di Tesla, dan menggunakan Microsoft Outlook serta Teams untuk email dan rapat.

Hal ini pun menjadi pergunjingan di Blind, aplikasi workplace anonim. "Kami tidak membayar tagihan Slack. Akhirnya kini semuanya hampir tak bekerja," ujar seorang pegawai.

Slack ini penting bagi pegawai Twitter karena tak sekadar dianggap sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan pegawai lain. Di aplikasi ini juga tersimpan berbagai kenangan Twitter dalam bentuk dokumen lama yang masih dibutuhkan, terutama setelah Musk memecat banyak pegawai Twitter.

"Setelah semuanya pergi, saya tidak tahu mau bertanya ke siapa saat mentok. Saya biasanya mencari pesan error di Slack dan 99% bisa mendapat bantuan di sana," kata seorang pegawai Twitter di Blind.

back to top