• Home
  • Berita
  • Jurus XL Axiata Tantang Telkomsel One di Peta Persaingan FMC

Jurus XL Axiata Tantang Telkomsel One di Peta Persaingan FMC

Redaksi
Aug 01, 2023
Jurus XL Axiata Tantang Telkomsel One di Peta Persaingan FMC
Jakarta -

XL Axiata menyiapkan strategi baru dalam berkompetisi di peta persaingan layanan fixed mobile convergence (FMC). Jurus ini juga sebagai 'penyambut' Telkomsel yang turut terjun di FMC.

Sebagai informasi, Telkom melepas IndiHome ke Telkomsel untuk fokus di bidang business to consumer (B2C), sedangkan sang induk menjajaki business to business (B2B). Sekaligus cara melahirkan produk FMC, yakni Telkomsel One, yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

President Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, akan melakukan pemisahan entitas Serve Co dan Fiber Co. Ini menjadi langkah perusahaan dalam melakukan pembangunan fondasi yang kuat.

"XL Axiata akan menjalankan tugas sebagai Serve Co yang menangani semua layanan Fixed Mobile Converge (FMC) dan Fixed Broadband (FBB). Sedangkan, Link Net menjalankan tugas Fiber Co dengan menyediakan jaringan fiber sebagai penopang kedua layanan tersebut," kata Dian di kantor XL Axiata, Jakarta, Senin (31/7/2023).

Dian menyebutkan dua entitas Serve Co dan Fiber Co ini akan bersinergi dalam menggarap pasar FMC dan FBB di Indonesia.

XL Axiata dan Link Net telah menandatangani kesepakatan kerja sama pembangunan dan pengoperasian satu juta home pass yang pertama dalam menjangkau sejumlah kota/kabupaten di tanah air.

"Dalam lima tahun ke depan, mimpinya adalah mempunyai tujuh home pass tambahan," ucap Dian.

Hingga akhir Juni 2023 ini, tingkat penetrasi layanan FMC XL Axiata telah mencapai 56% di mana pelanggan XL Home telah beralih menjadi pelanggan XL Satu. Saat ini, operator seluler ini juga telah memiliki jangkauan XL Home & XL Satu fiber di 63 kota/kabupaten.

"Nanti ada penambahan 10 kota dalam waktu dekat. Kemudian, penambahan kota di tahun-tahun ke depan" imbuh Dian.


Strategi ini menjadi upaya XL Axiata mencapai visi sebagai operator konvergensi terdepan di Indonesia. Selain itu, membangun pondasi yang kuat melalui organisasi yang juga terkonvergensi, demikian pula pada IT, jaringan, hingga distribusi.

Untuk diketahui XL Axiata meraih total pelanggan sebanyak 58 juta per semester I-2023. Tak hanya itu, pencapaian ini juga dibarengi dengan peningkatan blended average revenue per user (ARPU) dari Rp 38 ribu di periode tahun sebelumnya menjadi sebanyak Rp 41 ribu.

Adapun hingga akhir Juni 2023, total jumlah BTS XL Axiata mencapai 150.261 BTS (2G dan 4G), dengan jumlah BTS 4G sebanyak 97.125 ribu unit. Jumlah BTS 4G ini mengalami pertumbuhan 9,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 59% (fiberized).



Simak Video "Bos XL Axiata Resmi Pamit"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)
back to top