• Home
  • Berita
  • Ini Prosesor Termahal Sepanjang Sejarah

Ini Prosesor Termahal Sepanjang Sejarah

Redaksi
Oct 08, 2024
Ini Prosesor Termahal Sepanjang Sejarah
Jakarta -

Intel baru mengumumkan jajaran prosesor server dari seri Granite Rapids. Salah satu prosesornya jadi yang termahal dalam sejarah.

Belakangan ini, Intel memang tertinggal dari AMD di ranah prosesor server dari sisi jumlah core dan performa multi thread. Mungkin lewat Granite Rapids ini mereka bisa mengejar ketertinggalannya dari Tim Merah.

Prosesor terkencang dari keluarga Granite Rapids ini adalah Xeon 6980P yang dijual dengan harga USD 17.800 atau sekitar Rp 278 juta. Dengan harga setinggi itu, Xeon 6980P ini jadi prosesor termahal dalam sejarah CPU modern. Prosesor ini punya 128 core performa tinggi dengan 256 thread.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan, harga prosesor dari keluarga Granite Rapids ini pun meningkat signifikan dibanding generasi sebelumnya. Bahkan dibanding AMD EPYC Genoa 9654 yang punya 96 core dengan harga USD 11.805.

Sebagai perbandingan, Xeon 6979P yang punya 120 core harganya USD 15.750 atau USD 131 untuk tiap core. Lalu Xeon 6972P dengan 96 core harganya USD 14.600 (lebih mahal USD 2.795 dari EPYC Genoa 9654 dengan jumlah core yang sama). Bahkan Xeon 6960P yang hanya punya 72 core pun masih lebih mahal dibanding EPYC Genoa 9654, yaitu USD 13.750.

ADVERTISEMENT

Satu-satunya prosesor Intel dari keluarga Granite Rapids yang harganya lebih murah dari prosesor AMD tersebut adalah Xeon 6952P, yang meskipun sama-sama punya 96 core namun clock speed-nya lebih rendah.

Penetapan harga ini pun menarik jika melihat sejarah harga prosesor server Intel. Selama beberapa tahun ke belakang, Tim Biru kesulitan bersaing dengan Tim Merah dalam hal jumlah core dan performa multi thread.

Alhasil Intel menjaga agar harga prosesor server-nya lebih murah dibanding AMD. Di sisi lain, AMD berfokus dalam meningkatkan market share-nya lewat prosesor EPYC yang sekalipun harganya lebih tinggi dari Intel, namun tidak terpaut terlalu jauh.

Harga premium yang dipatok Intel untuk Granite Rapids ini mungkin menunjukkan kalau Intel sangat yakin dengan kemampuan prosesor terbarunya itu, termasuk kepadatan kemampuan komputasi dan efisiensi operasionalnya di data center.

Hanya saja, mungkin keunggulan ini tak akan terlalu lama karena AMD dijadwalkan akan meluncurkan AMD EPYC terbarunya dari keluarga Turin yang memakai arsitektur Zen 5 dalam waktu dekat, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (8/10/2024).



Video: Syarat dari Pemerintah Agar Apple Bisa Jual iPhone 16 di RI

Video: Syarat dari Pemerintah Agar Apple Bisa Jual iPhone 16 di RI


(asj/fay)
back to top