• Home
  • Berita
  • Ini Cara Tangkap Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Ini Cara Tangkap Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Redaksi
Mar 01, 2023
Ini Cara Tangkap Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Sejumlah daerah di Indonesia sudah tersedia siaran TV digital, di saat bersamaan TV analog dimatikan oleh pemerintah. Bagi masyarakat bisa melakukan tips berikut ini agar bisa nonton siaran TV digital dengan nyaman.

Analog switch off (ASO) terus digalakkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama penyelenggara multipleksing.

Sejauh ini, pelaksanaan ASO tersebut baru dilakukan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Kominfo akan terus memperluas cakupan wilayah yang akan disuntik mati TV analognya terus mengejar digitalisasi penyiaran di 249 kabupaten/kota lainnya.

Terbaru, Kominfo menyebutkan ada wilayah siaran yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital, yakni Bali, Kalimantan Selatan-1, dan Sumatera Selatan-1 pada 20 Maret 2023.

Bagi kalian yang ingin nonton siaran TV digital, maka perlu siapkan perangkat pendukung, seperti pesawat televisi, antena UHF, dan set top box (STB) untuk membantu TV tabung serta TV LED menangkap sinyal TV digital.

Setelah dipersiapkan, detikers mesti tahu apakah di daerah kalian sudah ada sinyal TV digital. Caranya dengan memanfaatkan aplikasi Sinyal TV Digital yang sudah disediakan Kominfo dan bisa diunduh di Play Store dan App Store

Bagi masyarakat mampu dapat membeli perangkat STB dan TV digital, baik secara offline maupun online. Sedangkan untuk kelompok rumah tangga miskin (RTM) ekstrem akan mendapatkan bantuan set top box TV digital gratis dari Kominfo dan penyelenggara mux, yakni mengacu pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Ada lima kriteria RTM mendapatkan bantuan set top box TV digital gratis. Di kriteria penerimanya ini ada yang baru, yang mana sebelumnya tidak ada, yaitu RTM tersebut bersedia menerima dan memanfaatkan bantuan.

Kominfo juga menjelaskan mengenai syarat tambahan penerima bantuan set top box TV digital gratis yang dilihat dari kondisi-kondisi tertentu, seperti berikut ini:

back to top