• Home
  • Berita
  • Ini Cara Agar Nomor Tak Dikenal Setop Kirim WA Tanpa Blokir

Ini Cara Agar Nomor Tak Dikenal Setop Kirim WA Tanpa Blokir

Redaksi
Oct 12, 2023
Ini Cara Agar Nomor Tak Dikenal Setop Kirim WA Tanpa Blokir
Daftar Isi
  • Cara Agar Orang Tidak Dikenal Setop Kirim Pesan WhatsApp
  • 1. Mute 2. Hapus Pesan 3. Archive
Jakarta -

WhatsApp merupakan aplikasi untuk saling berkirim pesan secara instan. Selain itu, penggunanya juga dapat bertukar gambar, video, maupun pesan suara (voice note) di WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki sejumlah fitur privasi dan keamanan, salah satunya adalah blokir. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memblokir nomor tertentu.

Biasanya, nomor yang diblokir oleh pengguna WA karena telah mengirim spam chat, pesan bernada ancaman, kejahatan phising, hingga mengirim gambar atau video yang tidak pantas. Ketika nomor tersebut diblokir, maka kamu tidak akan lagi mendapatkan pesan yang meresahkan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, ada sejumlah pengguna WhatsApp yang merasa tidak enak hati kalau langsung memblokir nomor WA seseorang. Tapi jangan khawatir, ada sejumlah cara untuk menghentikan nomor tak dikenal yang selalu mengirim pesan kepadamu.

Lantas, bagaimana caranya? Simak pembahasannya secara lengkap berikut ini.

Cara Agar Orang Tidak Dikenal Setop Kirim Pesan WhatsApp

Sebagai pengingat, cara yang ampuh untuk menghentikan orang yang tak dikenal selalu mengirim pesan kepadamu adalah dengan memblokir. Tapi, ada juga cara lainnya yang bisa dilakukan, yakni sebagai berikut.

1. Mute

WhatsApp memiliki fitur 'Mute' atau bisu. Fitur ini sangat bermanfaat untuk detikers yang tidak ingin diganggu oleh pesan spam dari grup atau secara pribadi.

Sebab, fitur mute tidak akan memberi tahu orang lain bahwa kamu telah membisukan pesan mereka. Selain itu, kamu tidak akan menerima notifikasi pesan dari mereka selama masih di mute.

Lantas, bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan tahan kontak yang ingin kamu bisukan selama beberapa detik.
  • Pilih ikon mute atau bisu yang terletak di bagian atas.
  • Klik durasi ideal yang kamu inginkan untuk menonaktifkan pesan, bisa durasi 8 jam, 1 minggu, atau selamanya.

2. Hapus Pesan

Cara lain untuk mengalihkan pesan masuk di WA dari orang tak dikenal adalah dengan menghapusnya. Cara ini dilakukan untuk menghapus ruang obrolan di WhatsApp setiap kali mereka mengirim pesan baru.

Cara ini terbilang lebih efektif daripada membisukan obrolan dari nomor yang tidak jelas. Soalnya, walau sudah diklik 'mute' pesan tersebut masih muncul di WhatsApp, jadi mau tidak mau harus dihapus.

3. Archive

Cara terakhir adalah dengan menggunakan fitur 'Archive' atau arsip di WhatsApp. Fitur ini akan membantu kamu untuk menyembunyikan obrolan orang yang tidak ingin dilihat atau dibalas.

Jadi, ketika ada pesan masuk secara pribadi atau grup, tentu pesan tersebut akan muncul di room chat (ruang obrolan). Apabila di archive, maka pesan itu akan hilang dan tidak akan muncul lagi di room chat.

Lalu, bagaimana cara mengarsipkan pesan yang masuk di WhatsApp? Simak di bawah ini.

  • Buka Aplikasi WhatsApp.
  • Pilih kontak atau grup yang mengganggu yang ingin diarsipkan. Kamu dapat memilih sebanyak yang diinginkan.
  • Bagi pengguna Android dapat menekan kontak dan kemudian mengklik ikon panah menghadap ke bawah di bagian atas layar. Sementara pengguna iOS dapat menggeser ke kiri atau menekan lama pada kontak dan mengklik opsi 'Archive'.
  • Di iOS dan Android, chat yang diarsipkan nantinya akan muncul di bagian atas
  • Kamu juga dapat mengarsipkan semua chat sekaligus dengan membuka tab obrolan dan mengetuk Lainnya > Pengaturan.
  • Lalu ketuk Obrolan> Riwayat Obrolan> Arsipkan semua obrolan.
  • Setelah itu, semua chat akan diarsipkan.

Itu dia cara menghentikan pesan masuk dari nomor WhatsApp yang tak dikenal tanpa perlu memblokirnya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.



Simak Video "Fakta Chat Akun WA Centang Hijau yang Disebut dari Hacker"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)
back to top