• Home
  • Berita
  • Ingin Jadi Brand Lifestyle, Acer Akan Rilis Lini Acerpure

Ingin Jadi Brand Lifestyle, Acer Akan Rilis Lini Acerpure

Redaksi
Jul 08, 2024
Ingin Jadi Brand Lifestyle, Acer Akan Rilis Lini Acerpure
Jakarta -

Selama 25 tahun beroperasi di Indonesia, Acer dikenal sebagai brand laptop dan PC. Tapi ke depannya, Acer ingin lebih dikenal masyarakat sebagai brand lifestyle atau gaya hidup.

President of Acer Pan Asia Pacific Operations Andrew Hou mengatakan saat ini Acer Group sudah memiliki beberapa bisnis non-PC yang mulai berkembang. Beberapa di antaranya adalah Acerpure yang menyediakan perangkat home appliances dan Acer Apparel yang menjual tas dan koper.

"Jadi Anda melihat air purifier, Anda lihat mesin kesehatan, Anda lihat sistem parkir. Jadi Acer sebagai brand tidak lagi hanya produk PC atau IT. Kami sekarang menawarkan solusi total untuk gaya hidup," kata Hou dalam wawancara eksklusif dengan media di Jakarta, Senin (8/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hou mengatakan Acer akan menghadirkan lini Acerpure di Indonesia dalam waktu dekat, namun baik Hou maupun perwakilan Acer Indonesia belum mengungkap jadwalnya. Acerpure menawarkan perangkat kecantikan dan rumah tangga seperti air purifier, kipas angin, water purifier, vacuum cleaner, hair dryer, dan hair styler.

Hou menambahkan bisnis non-PC Acer Group berhasil menyumbangkan 29% dari total pendapatan perusahaan selama periode year-to-Mei 2024. Kehadiran bisnis non-PC juga mendongkrak kapitalisasi pasar Acer Group dari USD 1,28 miliar pada Desember 2016 menjadi USD 4,97 miliar pada Mei 2024.

ADVERTISEMENT
President of Acer Pan Asia Pacific Operations Andrew Hou Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

"Dalam perjalanan inisiatif non-PC, lifestyle, kami mendorong entrepreneurship. Kami mendorong bisnis baru untuk melakukan IPO terpisah dan mandiri. Sampai akhir Mei, kami sudah memiliki lebih dari 10 perusahaan yang melantai di bursa saham Taiwan," jelas Hou.

Upaya diversifikasi bisnis yang dilakukan Acer merupakan langkah untuk menjamin perusahaan bisa bertahan dalam jangka panjang. Meski begitu, Hou mengakui bahwa laptop dan PC masih menjadi sumber pendapatan Acer.

Bisnis PC Acer di kawasan Pan Asia Pacific menyumbangkan 50% dari total pendapatan Acer. Selain itu, Acer juga menjadi brand teratas di Indonesia untuk kategori pendidikan dan pemerintah berkat mengikuti kebijakan TKDN.

Terkait bisnis PC dan laptop, Acer ke depannya akan fokus mengantisipasi permintaan PC AI pada paruh kedua tahun 2024. Brand asal Taiwan ini juga akan menggelar turnamen esports Predator League edisi tahun 2025 untuk menggenjot momentum penjualan laptop gaming.



Kilas Balik Perjalanan 25 Tahun Acer

Kilas Balik Perjalanan 25 Tahun Acer


(vmp/fay)
back to top