• Home
  • Berita
  • Asus Rilis ROG NUC Pertama: PC Mini dengan GPU Nvidia RTX

Asus Rilis ROG NUC Pertama: PC Mini dengan GPU Nvidia RTX

Redaksi
Jul 07, 2024
Asus Rilis ROG NUC Pertama: PC Mini dengan GPU Nvidia RTX
Jakarta -

Setelah mengambil alih bisnis NUC dari Intel, Asus akhirnya merilis NUC pertamanya yang ada di bawah brand ROG.

PC mini ini menurut Asus punya ukuran sangat kecil namun punya performa sangat kencang, dan cocok untuk gamer, enthusiast, ataupun kreator konten. Pilihan CPU-nya adalah Core Ultra 9 dan Core Ultra 7, dan yang menarik ada di sisi GPU, yaitu RTX 4070 atau RTX 4060.

Sementara itu RAM standarnya adalah 16GB DDR5 dan bisa diupgrade hingga 64GB (32GB x 2). Storage bawaannya adalah SSD PCIe 2280 Gen4 512GB, dan bisa ditambah lewat tiga slot M.2 yang tersedia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Konektivitasnya lengkap, dari mulai WiFi 6E dan Bluetooth 5.3, hingga Intel LAN 2,5G. Kemudian ada juga card reader SD Express, beberapa port USB (hingga USB 3.2 Gen2) sebuah HDMI, dan dua buah DisplayPort 1.4a.

PC mini ini juga kompatibel dengan kontroler ROG Raikiri Pro untuk penggunaan ala konsol, dan Asus menyebut PC ini juga kompatibel dengan fitur Aura Sync RGB untuk mengkustomisasi setup gaming-nya dengna berbagai aksesoris ROG lain.

ADVERTISEMENT

Selain membanggakan kemampuan gaming, Asus juga memamerkan kemampuan komputasi AI dari PC mini ini, yang menurut Asus akan cocok untuk profesional di bidang AI dan peneliti large language model (LLM).

Pasalnya RTX 40 yang dipakai ini dilengkapi Tensor Cores spesial yang bisa mengakselerasi algoritma machine learning. Namun tentunya, kapasitas RAM bawaan yang "hanya" 16GB tampaknya perlu ditambah untuk memperkuat kemampuan pengolahan AI-nya.

PC-nya mini, spesifikasinya tinggi, lalu harganya bagaimana? Tentu saja tidak akan murah. Model dengan Core Ultra 7 dijual dengan harga USD 1.630 atau Rp 26 juta. Sementara model dengan Core Ultra 9 harganya adalah USD 2.200 atau Rp 35 juta.



Jadi Ponsel Ramah Lingkungan, Ini Spesifikasi-Fitur AI Asus Zenfone 11 Ultra

Jadi Ponsel Ramah Lingkungan, Ini Spesifikasi-Fitur AI Asus Zenfone 11 Ultra


(asj/asj)
back to top