• Home
  • Berita
  • 'Hanya' 5 Tahun, Janji Update iPhone Kalah dari Google dan Samsung

'Hanya' 5 Tahun, Janji Update iPhone Kalah dari Google dan Samsung

Redaksi
Jun 07, 2024
'Hanya' 5 Tahun, Janji Update iPhone Kalah dari Google dan Samsung
Jakarta -

Apple termasuk salah satu vendor ponsel yang memberikan update sistem operasi dan keamanan paling panjang di kelasnya. Tapi baru kali ini Apple mengonfirmasi komitmennya soal update keamanan untuk iPhone.

Menurut laporan Android Authority, Apple berkomitmen memberikan update keamanan untuk iPhone minimal selama lima tahun. Hal ini terungkap dari rencana Apple untuk menuruti regulasi Product Security and Telecommunications Infrastructure (PSTI) di Inggris yang mengharuskan perangkat yang terhubung dengan internet untuk memenuhi standar keamanan baru.

Undang-undang yang berlaku sejak April 2024 ini mewajibkan perusahaan untuk menentukan jangka waktu minimum pemberian update keamanan untuk suatu produk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PSTI mendefinisikan update keamanan sebagai update software yang melindungi atau memperkuat keamanan produk, termasuk update software yang mengatasi masalah keamanan yang ditemukan atau dilaporkan kepada produsen.

Ini pertama kalinya Apple buka-bukaan soal update software yang diterima iPhone. Jaminan update lima tahun memang terdengar cukup lama, tapi masih kalah dari yang ditawarkan oleh Google dan Samsung.

ADVERTISEMENT

Saat meluncurkan Pixel 8 series tahun lalu, Google menjanjikan update sistem operasi dan keamanan hingga tujuh tahun untuk produk terbarunya. Samsung mengikuti langkah Google dengan mengumumkan komitmen update hingga tujuh tahun untuk Galaxy S24 series, seperti dikutip dari 9to5Google, Jumat (7/6/2024).

Tapi, bukan berarti Apple membatasi update keamanan untuk iPhone hanya selama lima tahun, karena durasi tersebut hanya batas bawahnya saja. Apple kadang memberikan update keamanan untuk ponsel lawas.

Pada Januari lalu, Apple merilis update keamanan untuk iPhone 5s yang sudah berusia hampir 10 tahun guna mengatasi celah keamanan. Apple juga memberikan update iOS hingga tujuh tahun untuk iPhone 6s, yang dimulai dari iOS 9 sampai iOS 15.

Dari dokumen yang didaftarkan Apple, tertulis iPhone 15 series akan mendapatkan update keamanan selama lima tahun sejak tanggal pasokan pertama, yaitu 22 September 2023. Artinya, iPhone 15 series akan menerima update keamanan setidaknya hingga tahun 2028.



Simak Video "Apple Rilis iOS 17.3, Diklaim Anti Maling iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top