• Home
  • Berita
  • Daftar Pemenang Apple Design Awards 2024, Ada yang Kamu Pakai?

Daftar Pemenang Apple Design Awards 2024, Ada yang Kamu Pakai?

Redaksi
Jun 07, 2024
Daftar Pemenang Apple Design Awards 2024, Ada yang Kamu Pakai?
Daftar Isi
  • Kegembiraan dan Keseruan
  • Bears Gratitude buatan Isuru Wanasinghe (Australia) NYT Games buatan The New York Times Company (AS)
  • Inklusivitas
  • oko buatan AYES (Belgia) Crayola Adventures buatan Red Games Co. (AS)
  • Inovasi
  • Procreate Dreams buatan Procreate (Australia) Lost in Play buatan Happy Juice Games (Israel)
  • Interaksi
  • Crouton buatan Devin Davies (Selandia Baru) Rytmos buatan Floppy Club (Denmark)
  • Dampak Sosial
  • Gentler Streak Fitness Tracker buatan Gentler Stories (Slovenia) The Wreck buatan The Pixel Hunt (Prancis)
  • Visual dan Grafis
  • Rooms buatan Things, Inc. (Amerika Serikat) Lies of P buatan NEOWIZ (Korea Selatan)
  • Komputasi Spasial
  • djay pro - DJ App & AI Mixer buatan algoriddim GmbH (Jerman) Blackbox buatan Shapes and Stories (Amerika Serikat)
Jakarta -

Jelang dimulainya perhelatan WWDC, pemenang Apple Desain Awards selalu diumumkan. Siapa saja jawaranya tahun ini, kira-kira ada yang pernah kamu pakai?

Apple Design Awards 2024 punya 14 aplikasi dan game yang dinilai terbaik dalam hal desain, pencapaian teknis dan inovasi. Menariknya pemenang tahun ini berasa dari berbagai negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sungguh menginspirasi melihat cara pengembang menggunakan teknologi kami untuk menciptakan aplikasi dan game luar biasa yang berkontribusi memberikan dampak positif bagi kehidupan pengguna," kata Susan Prescott, Vice President of Worldwide Developers Relations Apple.

"Para pemenang tahun ini telah menunjukkan bahwa aplikasi dapat menciptakan pengalaman yang luar biasa dan memberi makna, dan kami senang sekali dapat merayakan kerja keras dan kreativitas mereka pada WWDC tahun ini."

ADVERTISEMENT

Apple Design Awards 2024 menobatkan satu aplikasi dan satu game untuk masing-masing dari tujuh kategori, yaitu kegembiraan dan keseruan, inklusivitas, inovasi, interaksi, dampak sosial, visual dan grafis, serta kategori baru yaitu komputasi spasial. Para pemenang dipilih dari 42 finalis.

Kegembiraan dan Keseruan

Para pemenang dalam kategori ini menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan, menarik, dan memuaskan yang disempurnakan oleh teknologi Apple.

Bears Gratitude buatan Isuru Wanasinghe (Australia)

Aplikasi penjurnalan ini menghadirkan cara yang mudah untuk membangun kebiasaan bersyukur sehari-hari. Karakter-karakter yang didesain dengan apik di dalam aplikasi ini membantu menciptakan kesan hangat dan bersahabat untuk mendukung pengguna membangun rasa bahagia, hari demi hari.

Bears Gratitude Foto: Apple

NYT Games buatan The New York Times Company (AS)

Dengan berbagai judul game yang dihadirkan, New York Times Games telah merancang ulang navigasinya dan memperbanyak katalog game yang dimilikinya. Judul-judul game baru seperti Connections dirancang khusus untuk dapat sesering mungkin dimainkan, dengan desain elegan dan kemudahan penggunaan yang pada akhirnya memberikan pengalaman yang mendorong semua orang untuk ikut bersenang-senang.

Inklusivitas

Pemenang dari kategori ini menyediakan pengalaman yang berharga untuk semua orang dengan mendukung orang-orang dengan latar belakang, kemampuan, dan bahasa yang berbeda-beda.

oko buatan AYES (Belgia)

Dengan memberikan peringatan kepada pejalan kaki tentang kondisi lampu lalu lintas melalui umpan balik haptik dan audio, oko menjadi aplikasi yang memberikan dampak langsung bagi orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan. Aplikasi ini memberikan solusi yang sangat bermanfaat dalam kondisi keamanan yang krusial dengan memanfaatkan teknologi Apple seperti VoiceOver dan Pengetikan Dinamis.

Aplikasi oko Foto: Apple

Crayola Adventures buatan Red Games Co. (AS)

Game petualangan penuh warna yang menawarkan berbagai pilihan untuk berkreasi bagi seluruh pemainnya, Crayola Adventures menghidupkan pilihan karakter yang mencakup berbagai warna kulit, kemampuan, tipe tubuh, kata ganti, dan narasi game yang lengkap. Pemain dengan segala usia dapat menikmati pengalaman bermain game yang menawarkan berbagai aktivitas, termasuk membuat dekorasi, memecahkan teka-teki, hingga membaca buku cerita.

Inovasi

Pemenang dalam kategori ini menghadirkan pengalaman mutakhir melalui penggunaan teknologi Apple baru yang membuat mereka menonjol dalam genrenya.

Procreate Dreams buatan Procreate (Australia)

Procreate Dreams adalah aplikasi desain menakjubkan yang memungkinkan semua pekerja kreatif untuk membuat animasi 2D menggunakan pustaka kuas, gerakan, serta tindakan yang mendukung PencilKit dari Procreate versi aslinya yang lengkap dan familier. Kontrolnya sangat intuitif, dengan dukungan untuk interaksi multisentuh dan Apple Pencil. Aplikasi ini menawarkan efek animasi, audio, dan video yang canggih untuk menghidupkan kreasi dan karya seni pengguna.

Procreate Dreams Foto: Apple

Lost in Play buatan Happy Juice Games (Israel)

Penuh dengan karakter menawan dan minigame seru, Lost in Play menawarkan pemain petualangan yang menarik melalui imajinasi masa kecil dengan teka-teki yang didesain secara apik. Petualangan point-and-tap ini memiliki grafis yang digambar dengan tangan, interaksi yang mudah dipelajari, serta gameplay menarik yang memicu keseruan penemuan seperti anak kecil.

Interaksi

Pemenang dalam kategori ini menghadirkan antarmuka yang intuitif dan kontrol yang disesuaikan dengan sempurna di platformnya.

Crouton buatan Devin Davies (Selandia Baru)

Crouton menghadirkan antarmuka yang ringkas untuk menyimpan resep, membuat daftar belanjaan, dan menampilkan petunjuk langkah demi langkah di dapur. Dengan serangkaian interaksi yang mudah, Crouton membantu pengguna untuk tetap fokus di dapur, bukan pada layar.

Game Rytmos Foto: Apple

Rytmos buatan Floppy Club (Denmark)

Rytmos memberikan tantangan kepada pemain untuk menyelesaikan teka-teki dengan membuat jalur menggunakan gerakan tarik yang sederhana, dan setiap level yang diselesaikan akan menambahkan elemen baru ke lagu yang terus berkembang. Orientasi yang dirancang dengan jelas membuat alur game ini langsung dapat dipahami, dan gerakannya sederhana serta menyenangkan, bahkan saat game mulai menghadirkan lebih banyak kompleksitas.

Dampak Sosial

Para pemenang dalam kategori ini memberikan dampak positif bagi kehidupan dan menyoroti isu-isu krusial.

Gentler Streak Fitness Tracker buatan Gentler Stories (Slovenia)

Gentler Streak bertujuan untuk meningkatkan gaya hidup setiap orang, siapa pun atau di mana pun mereka berada. Aplikasi ini didukung oleh pengingat yang meningkatkan optimisme dan memberikan semangat untuk kebugaran fisik maupun kesejahteraan mental.

Gentler Streak Fitness Tracker Foto: undefined

The Wreck buatan The Pixel Hunt (Prancis)

Game ini mengisahkan narasi yang mendalam dan intim dan menggambarkan situasi penuh tekanan, untuk mengajak pemain memikirkan pilihan mereka melalui pengalaman gameplay yang penuh kesan dan luar biasa.

Visual dan Grafis

Pemenang dalam kategori ini menampilkan gambar yang memukau, kreasi antarmuka yang apik, dan animasi berkualitas tinggi yang menciptakan tema yang khas dan kohesif.

Rooms buatan Things, Inc. (Amerika Serikat)

Rooms menawarkan pengguna ruang kosong untuk membangun adegan imajinatif, platform untuk bermain game yang nyaman, dan ruang sosial yang menawarkan interaksi dengan ribuan kreasi orang lain. Ruangan-ruangan di dalam aplikasi ini dipenuhi dengan detail menawan, serta interaksi, suara, dan visual aplikasi ini memberikan keseimbangan antara unik dan menarik.

Rooms Foto: Apple
  • Lies of P buatan NEOWIZ (Korea Selatan)

Lies of P adalah petualangan imajinatif yang mengimajinasikan ulang kisah klasik, memberikan kesempatan pemain untuk mengontrol boneka robot yang diciptakan oleh Geppetto, yang harus bertahan dalam perjalanan pertempuran melalui kota yang terbakar untuk menemukan pembuatnya. Visualnya menampilkan dunia penuh tekstur yang indah, pencahayaan mendetail, dan efek menakjubkan.

Komputasi Spasial

Pemenang dalam kategori ini menghadirkan kemampuan terbaik pada pengalaman spasial mereka yang luar biasa.

djay pro - DJ App & AI Mixer buatan algoriddim GmbH (Jerman)

djay menampilkan turntable berkualitas tinggi, panel efek interaktif yang keren, serta serangkaian suasana yang dirancang dengan sangat baik, mulai dari pemandangan gurun di malam hari hingga ruang santai luar angkasa yang dihuni oleh robot menari.

Blackbox buatan Shapes and Stories (Amerika Serikat)

Blackbox di Apple Vision Pro menantang pengguna untuk memikirkan tentang setiap sudut dari kanvas spasial. Pemain disambut oleh teka-teki menarik dan kejutan tersembunyi yang cerdik di setiap kesempatan. Game ini penuh dengan detail yang luar biasa, dan setiap solusi terasa seperti mempelajari trik sulap baru saat teka-teki terungkap perlahan di sekitar pemain dan rasa ingin tahu pun terbayar.



Simak Video "Apple Bocorkan Fitur Baru iOS-macOS di WWDC 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top