• Home
  • Berita
  • Rekor Ikan Lele Terbesar di Dunia, Hampir Sebesar Sapi

Rekor Ikan Lele Terbesar di Dunia, Hampir Sebesar Sapi

Redaksi
Jun 07, 2024
Rekor Ikan Lele Terbesar di Dunia, Hampir Sebesar Sapi
Daftar Isi
  • 5 Ikan Lele Terbesar yang Pernah Ditangkap
  • 1. Lele Raksasa Mekong
  • 2. Ikan Lele Wels di Sungai Po, Italia
  • 3. Ikan Lele Piraiba Amazon
  • 4. Lele Raksasa di Sungai Ebro, Spanyol
  • 5. Lele Raksasa di Amerika Serikat
Jakarta -

Penangkapan ikan raksasa kerap menarik perhatian, terutama jika ikan-ikan tersebut lebih dikenal dalam ukuran kecil dan biasa dikonsumsi, contohnya ikan lele.

Di antara ikan lele berukuran besar yang ditemukan ini, ada yang memiliki ukuran luar biasa besar, bahkan bobotnya hampir seberat sapi.

Berikut adalah rekor dunia ikan lele terbesar yang pernah ditangkap, dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Jumat (7/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

5 Ikan Lele Terbesar yang Pernah Ditangkap

Hasil tangkapan lele raksasa tidak hanya menunjukkan keanekaragaman dan ukuran ikan lele yang luar biasa, tetapi juga menonjolkan keterampilan dan ketekunan para pemancing yang menangkapnya.

1. Lele Raksasa Mekong

Di Thailand bagian utara, seekor ikan lele Mekong raksasa memiliki berat yang mencengangkan sebesar 293 kg nyaris seberat sapi hasil persilangan. Ikan ini ditangkap pada tahun 2005, dan mencetak rekor dunia untuk ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap pada saat itu.

ADVERTISEMENT

Lele raksasa Mekong hidup di sistem sungai Mekong yang melintasi berbagai negara seperti Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Spesies tersebut saat ini terancam punah karena berbagai faktor, termasuk penangkapan berlebihan dan kerusakan habitat.

Pada 2024, seorang pemancing asal Inggris berhasil menangkap Lele raksasa Mekong dengan berat nyaris 200 kilogram setelah berjuang selama satu setengah jam di Sungai Mekong.

2. Ikan Lele Wels di Sungai Po, Italia

Ikan lele Wels berhasil ditangkap di Sungai Po, Italia, pada 2023, oleh seorang pemancing bernama Alessandro Biancardi. Ikan raksasa ini memiliki panjang sekitar 2,7 meter dan berat 127 kg.

Makanan ikan lele Wels sangat beragam tergantung habitatnya. Ia memakan ikan, amfibi, bahkan burung kecil. Kombinasi ukuran, kekuatan, dan nafsu makannya yang rakus menjadikannya tangkapan berharga di kalangan pemancing yang mencari sensasi pertarungan yang menantang.

3. Ikan Lele Piraiba Amazon

Lembah Sungai Amazon di Amerika Selatan, yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya, menjadi rumah bagi ikan lele Piraiba dengan berat 155 kg yang ditangkap pada 2009.

Piraiba adalah hewan karnivor dan dikenal biasa bermigrasi sejauh 4.000 km setiap masa reproduksinya tiba. Ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan dapat bertahan hidup di berbagai kondisi perairan di Sungai Amazon.

4. Lele Raksasa di Sungai Ebro, Spanyol

Di Sungai Ebro, Spanyol, pemancing melaporkan penangkapan lele Wels yang beratnya mencapai 113 kg dan panjangnya hampir 2,4 meter. Meskipun tidak ada catatan resmi untuk tangkapan ini, cerita dari pemancing lokal menunjukkan bahwa lele-lele di Sungai Ebro dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar.

5. Lele Raksasa di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, terutama di Sungai Mississippi, penampakan lele raksasa juga sering dilaporkan. Salah satu tangkapan terbesar yang tercatat adalah lele biru dengan berat 130 kilogram dan panjang lebih dari 1,5 meter.

Keberadaan ikan lele raksasa ini menunjukkan betapa luar biasanya keanekaragaman spesies ikan air tawar dan kemampuan mereka untuk tumbuh dalam kondisi yang tepat.

Tangkapan-tangkapan ini tidak hanya menarik bagi para pemancing tetapi juga memberikan wawasan penting bagi para ilmuwan yang mempelajari ekosistem air tawar dan spesies ikan yang menghuninya.



Simak Video "Lele Raksasa 3 Meter Ditangkap di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)
back to top