• Home
  • Berita
  • Google Perbaiki AI Overview Usai Sarankan Campur Lem di Pizza

Google Perbaiki AI Overview Usai Sarankan Campur Lem di Pizza

Redaksi
Jun 02, 2024
Google Perbaiki AI Overview Usai Sarankan Campur Lem di Pizza
Jakarta -

Fitur Google AI Overview belum lama ini viral karena memberikan sejumlah jawaban yang ngawur dan tidak masuk akal. Google langsung membatasi dan memperbaiki fitur yang menjadi bagian dari Search ini untuk mencegah hal serupa terulang lagi.

Head of Google Search Liz Reid mengakui AI Overview sempat menampilkan jawaban yang aneh dan tidak akurat setelah diluncurkan untuk semua pengguna Google di Amerika Serikat. Reid mengatakan jawaban aneh ini disebabkan oleh 'data voids' dan pengguna yang sengaja mencari pertanyaan aneh di Google.

Reid menjelaskan beberapa screenshot AI Overview yang viral ternyata merupakan gambar yang dipalsukan, termasuk hasil pencarian yang mengklaim bahwa meninggalkan anjing di mobil tertutup tidak berbahaya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AI Overview juga menyarankan pengguna untuk makan batu berukuran kecil setiap harinya. Reid mengakui screenshot yang viral itu asli, namun ia mengatakan Google menampilkan jawaban itu karena ada website satir yang menulis tentang topik itu.

"Sebelum screenshot ini viral, tidak pernah ada yang menanyakan pertanyaan itu ke Google," kata Reid dalam postingan di blog Google, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (31/5/2024).

ADVERTISEMENT

Reid juga mengonfirmasi bahwa AI Overview menyuruh pengguna Google untuk menggunakan lem jika ingin membuat keju melekat di pizza karena mengikuti postingan di forum Reddit. Ia mengatakan forum biasanya memberikan informasi asli, namun bisa juga menampilkan nasihat yang kurang bermanfaat.

Reid tidak membahas jawaban AI Overview lainnya yang viral, namun beberapa screenshot lainnya yang beredar di media sosial menunjukkan fitur ini mengatakan bahwa Barack Obama beragama Islam dan menyuruh pengguna untuk minum urine untuk membantu mengeluarkan batu ginjal.

Lebih lanjut, Reid mengatakan Google sudah menguji coba AI Overview secara ekstensif sebelum dirilis, namun penggunaan di lapangan tentu melibatkan lebih banyak orang yang mengajukan pertanyaan yang tidak pernah ditanyakan sebelumnya.

Demi mencegah AI Overview meracau lagi, Google langsung memperbaiki dan menerapkan batasan baru. Raksasa mesin pencari itu memodifikasi AI-nya agar bisa mendeteksi konten humor dan satir dengan lebih baik.

Google juga memperbarui sistemnya untuk membatasi jawaban dari pengguna di AI Overview, seperti postingan media sosial dan forum, yang berpotensi memberikan nasihat menyesatkan hingga membahayakan pengguna.

Terakhir, Google juga menambahkan pembatasan untuk pertanyaan yang AI Overview tidak terbukti bermanfaat, dan berhenti menampilkan jawaban hasil rangkuman AI untuk topik kesehatan tertentu.



Simak Video "Eks Engineer Google Curi Rahasia Teknologi AI"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)
back to top