• Home
  • Berita
  • Pakai AI, Siri Akan Jadi Asisten Super di iOS 18

Pakai AI, Siri Akan Jadi Asisten Super di iOS 18

Redaksi
Jun 02, 2024
Pakai AI, Siri Akan Jadi Asisten Super di iOS 18
Jakarta -

Apple disebut akan memberikan kekuatan super untuk Siri dalam bentuk kecerdasan buatan atau AI, yang akan dirilis bersamaan dengan pembaruan iOS 18.

Diberitakan The Verge seperti dilihat Sabtu (1/6/2024) dengan kemampuan AI ini, pengguna bisa mengontrol fitur spesifik dari sebuah aplikasi lewat perintah suara yang diberikan ke Siri. Bocoran ini diungkap Bloomberg dalam laporan terbarunya.

Mereka juga menyebut Siri bisa menganalisa aktivitas pengguna di iPhone sembari mengaktifkan fitur pengontrolan dari Siri secara otomatis. Awalnya fitur ini baru hanya bisa dipakai di aplikasi buatan Apple, namun mereka akan menambahkan dukungan terhadap ratusan perintah di dalam aplikasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Siri pun nantinya bisa memproses lebih dari satu perintah dalam satu waktu. Selain itu, Siri juga akan bisa melakukan sejumlah tugas sekaligus dalam satu perintah, misalnya: merangkum rekaman rapat dan mengirimkannya ke seseorang.

Dari laporan Bloomberg ini terlihat kalau kemampuan Siri mirip dengan yang dijanjikan Samsung saat merilis Bixby pada 2017: "Apapun yang Anda bisa lakukan dengan sentuhan, bisa Anda lakukan dengan perintah suara" di aplikasi buatan Samsung.

ADVERTISEMENT

Belum jelas bagaimana teknologi ini akan beroperasi. Namun dalam demo video dari Microsoft, ditunjukkan bagaimana asisten Copilot beroperasi menggunakan GPT-4o untuk membuat tips bermain Minecraft setelah asisten digital tersebut menonton video tertentu.

Sebelumnya Bloomberg juga menjelaskan bagaimana produk Apple bisa menerima sejumlah perintah dan memprosesnya secara internal dalam perangkat. Tentu perintah yang bisa diproses secara internal ini adalah perintah yang sederhana, sementara perintah yang kompleks tetap akan dikirimkan ke cloud.

Apple pun disebut sudah menandatangani perjanjian dengan OpenAI, mungkin untuk menghadirkan kemampuan GPT ke dalam iOS 18.

Berbagai pengumuman resmi terkait AI dan iOS 18 ini bakal diungkap ke publik dalam gelaran WWDC 2024 yang diadakan pada 10 Juni mendatang.



Simak Video "Sederet Update Terbaru yang Akan Hadir di iOS 18"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)
back to top