• Home
  • Berita
  • Google Doodle Kenang Didi Kempot 'Godfather of Broken Heart'

Google Doodle Kenang Didi Kempot 'Godfather of Broken Heart'

Redaksi
Feb 26, 2023
Google Doodle Kenang Didi Kempot 'Godfather of Broken Heart'

Pengunjung laman Google hari ini, Minggu (26/2/2023) akan disambut dengan sesuatu yang berbeda. Pasalnya, hari ini Google memasang Doodle untuk mengenang hidup dan pencapaian penyanyi legendaris Didi Kempot.

Google Doodle ini dipasang untuk memperingati Didi Kempot yang tepat hari ini pada tahun 2020 menerima penghargaan Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award. Selain di Indonesia, Google Doodle ini juga ditampilkan di Inggris Raya.

Didik Prasetyo, yang kemudian dikenal dengan nama Didi Kempot, lahir di Surakarta pada Desember 1966 di keluarga seniman. Ayah dan kakaknya adalah komedian, sedangkan ibunya merupakan penyanyi Jawa tradisional.

Saat menginjak usia 18 tahun, Didi dan teman-temannya membentuk band bernama Kelompok Pengamen Trotoar dan mulai tampil di jalanan. Nama band inilah yang menjadi asal usul nama panggung 'Kempot'.

Setelah seharian mengamen, Didi sering merekam lagu ciptaannya di kaset kosong. Ia juga sering mengirimkan rekaman lagunya ke studio, tapi selalu ditolak. Meski begitu, Didi tidak pernah menyerah.

Pada tahun 1989, Didi akhirnya dikontrak oleh label musik. Singel pertamanya 'Cidro' langsung populer di Belanda dan Suriname, dua negara yang memiliki populasi diaspora Jawa dalam jumlah besar. Popularitas lagu ini juga mendorong musik campursari ke ranah mainstream.

Saat mengunjungi Suriname pada tahun 1993 untuk mengadakan konser, Didi terharu melihat penggemar yang hapal lirik lagunya. Ia kemudian merilis 10 album di Belanda dan Suriname.

Sepanjang kariernya, Didi menuliskan 700 lagu dan dikenal sebagai salah satu pionir musik campursari. Ia pun mendapatkan julukan 'Godfather of Broken Hearts' atau Bapak Patah Hati karena lagu-lagunya yang bertemakan kesedihan dan patah hati.

"Dalam beberapa tahun terakhir, musik campursari Kempot kembali populer di kalangan generasi muda. Musiknya terus menyentuh hati orang-orang romatis yang putus asa di seluruh dunia," kata Google dalam blog Google Doodle seperti dikutip detikINET, Minggu (26/2/2023).

Didi Kempot berpulang pada 5 Mei 2020 di usia 53 tahun. Penyanyi legendaris ini meninggal dunia karena kondisi henti jantung atau cardiac arrest.

back to top