• Home
  • Berita
  • Google Akan Razia Aplikasi Tak Berfaedah di Play Store

Google Akan Razia Aplikasi Tak Berfaedah di Play Store

Redaksi
Jul 21, 2024
Google Akan Razia Aplikasi Tak Berfaedah di Play Store
Jakarta -

Tidak hanya aplikasi berbahaya, Google juga akan merazia aplikasi tidak berfaedah dan berkualitas rendah yang beredar di Play Store. Kebijakan baru ini akan berlaku mulai 31 Agustus 2024.

Dalam keterangan resminya, Google mengatakan mereka baru saja memperbarui kebijakan Spam dan Fungsi Minimum untuk memastikan aplikasi yang ada di Play Store menyediakan pengalaman yang berkualitas untuk pengguna.

"Kami memperbarui kebijakan Spam dan Fungsi Minimum untuk memastikan aplikasi memenuhi standar yang ditingkatkan untuk katalog Play dan melibatkan pengguna lewat fungsionalitas berkualitas dan pengalaman pengguna," kata Google dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Forbes, Minggu (21/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Google menambahkan aplikasi harus memberikan pengalaman pengguna yang stabil, responsif, dan menarik untuk pengguna. Artinya aplikasi yang sering crash, tidak memiliki konten yang memadai untuk berinteraksi dengan pengguna, dan tidak menawarkan fungsi dasar memadai akan dihapus dari Play Store.

Jenis aplikasi berkualitas rendah yang berisiko melanggar kebijakan baru Google adalah aplikasi yang hanya menampilkan teks seperti aplikasi PDF, aplikasi yang hanya menampilkan satu wallpaper, aplikasi yang tidak bisa diinstal atau tidak bisa dibuka setelah diinstal, dan aplikasi yang tidak responsif.

ADVERTISEMENT

Ini bukan satu-satunya perubahan terkait Play Store yang diterapkan oleh Google. Kebijakan baru Google juga mencakup pencegahan malware dan spyware yang ditingkatkan yang mewajibkan developer menghapus kode pihak ketiga dari penyedia yang sering menyebarkan malware.

Google memang menerapkan proses kurasi yang ketat sebelum mengizinkan aplikasi Android beredar di Play Store. Tahun lalu, perusahaan yang bermarkas di Mountain View itu menolak hampir 200.000 aplikasi yang didaftarkan ke Play Store untuk melindungi pengguna.

Google juga mencegah 2,28 juta aplikasi yang melanggar kebijakan agar tidak beredar di Play Store, serta mencekal 333 ribu akun nakal dari Play Store yang melakukan pelanggaran seperti menyebar malware dan berkali-kali melanggar kebijakan.



Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna di Google Maps

Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna di Google Maps


(vmp/rns)
back to top