• Home
  • Berita
  • Gak Bisa Diblokir, Iklan Twitter Punya Format Baru

Gak Bisa Diblokir, Iklan Twitter Punya Format Baru

Redaksi
Oct 09, 2023
Gak Bisa Diblokir, Iklan Twitter Punya Format Baru
Jakarta -

Sebagian pengguna Twitter (kini berganti nama menjadi X) mungkin akan sebal mendengar kabar ini. Iklan di media sosial ini punya format baru sehingga tidak bisa dilaporkan apalagi diblokir.

Platform milik Elon Musk ini baru saja diluncurkan. Sejumlah pengguna X melaporkan sudah pernah menemui format iklan tersebut.

Iklan-iklan ini tidak mengizinkan pengguna menyukai atau me-retweet postingan iklan. Selain itu, format iklan baru tersebut tidak mengungkapkan siapa di balik iklan tersebut, bahkan sama sekali tidak ada pemberitahuan bahwa itu adalah iklan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti dikutip dari Mashable, iklan format baru ini terbilang aneh, hanya terdiri dari salinan teks tertulis, foto, dan avatar palsu yang tujuan utamanya adalah membuat iklan terlihat seperti tweet yang diposting secara organik.

Jenis konten yang dipromosikan dalam iklan tampaknya konsisten dan serupa dengan iklan yang ditemukan dalam iklan 'chumbox' yang berisi spam dan berkualitas rendah. Iklan semacam ini biasanya didefinisikan sebagai iklan clickbait.

[Gambas:Twitter]

Pengguna yang telah melihat iklan X ini akan diarahkan ke website pihak ketiga di jendela baru setelah mengeklik iklan, termasuk saat mereka mencoba meng-klik avatar palsu yang digunakan.

Sama sekali tidak ada postingan X yang bisa dibuka, juga tidak ada profil pengguna yang dilampirkan pada iklan untuk dikunjungi. Sejauh ini, iklan tersebut dilaporkan tayang di X versi aplikasi mobile. Belum diketahui apakah iklan semacam ini juga hadir di X versi website.

Kehadiran iklan-iklan tersebut sebenarnya cukup bercerita bagaimana platform media sosial tersebut berupaya keras menarik pengiklan.

Bagaimana menurut detikers, apakah iklan ini cukup mengganggu?



Simak Video "Membaca Langkah Elon Musk yang Terus Bikin Fitur Baru di X"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)
back to top