• Home
  • Berita
  • Fitur Lirik Lagu Spotify Tak Lagi Gratis, Harus Langganan Premium

Fitur Lirik Lagu Spotify Tak Lagi Gratis, Harus Langganan Premium

Redaksi
May 06, 2024
Fitur Lirik Lagu Spotify Tak Lagi Gratis, Harus Langganan Premium
Jakarta -

Pengguna Spotify gratisan sepertinya akan kehilangan salah satu fitur populer. Pasalnya, Spotify mulai menyembunyikan fitur lirik lagu di balik paywall yang memaksa pengguna untuk berlangganan paket Premium.

Pembatasan ini mulai terungkap setelah sejumlah pengguna Spotify meluapkan keluh kesahnya di media sosial dan forum internet seperti Reddit. Mereka turut mengunggah screenshot yang berisi pemberitahuan tentang pembatasan ini.

Rupanya pengguna Spotify gratisan masih bisa melihat lirik lagu tanpa berlangganan Premium. Hanya saja ada limit atau batas bulanan yang ditetapkan oleh Spotify.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebijakan baru ini sepertinya sudah tersebar cukup luas, termasuk di Indonesia. Menurut pantauan detikINET, setelah melihat dua lirik lagu muncul pemberitahuan tentang batasan bulanan tersebut.

"Ada batasan bulanan untuk lirik," tulis Spotify dalam pemberitahuan di aplikasinya, seperti dikutip detikINET, Jumat (3/5/2024).

ADVERTISEMENT

"Setiap kali kamu mengetuk "Tampilkan lirik", itu akan diperhitungkan dalam batasanmu. Untuk mendapatkan akses penuh ke lirik, beralihlah ke Spotify Premium," sambungnya.

Setelah melihat lirik lagu ketiga, Spotify menampilkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa batas jumlah lirik yang bisa dilihat secara gratis untuk bulan ini sudah habis.

"Kamu sudah mencapai batas jumlah lirikmu untuk bulan ini," tulis pemberitahuan tersebut, diikuti dengan tombol untuk berlangganan Spotify Premium.

Pemberitahuan lirik lagu Spotify dibatasi untuk pengguna gratisan Foto: Screenshot/detikINET

Perubahan ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pada musim gugur tahun lalu, Spotify mulai menguji coba pembatasan lirik untuk pengguna gratisan yang melibatkan sejumlah kecil pengguna di beberapa negara.

Belum diketahui mengapa Spotify tidak mengumumkan perubahan ini secara resmi dan apa alasan mereka membatasi fitur lirik untuk pengguna free tier. Salah satu alasannya tentu saja untuk mengajak pengguna beralih ke paket Premium.

Dalam laporan keuangan terbarunya, Spotify memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan dengan jumlah pelanggan Premium mencapai 236 juta orang. Namun, platform streaming musik itu membukukan pendapatan sebesar 3,67 miliar Euro, meleset dari estimasi analis sebesar 3,72 miliar Euro.



Simak Video "Fitur Terbaru Spotify Miniplayer Kini Hadir untuk Versi Desktop"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)
back to top