• Home
  • Berita
  • Evolusi Cerita GTA 1 Sampai GTA 6, Sudah 26 Tahun Sejak Pertama Rilis!

Evolusi Cerita GTA 1 Sampai GTA 6, Sudah 26 Tahun Sejak Pertama Rilis!

Redaksi
Dec 15, 2023
Evolusi Cerita GTA 1 Sampai GTA 6, Sudah 26 Tahun Sejak Pertama Rilis!
Daftar Isi
  • Evolusi GTA 1 Sampai GTA 6
  • 1. Grand Theft Auto (1997) 2. Grand Theft Auto 2 (1999) 3. Grand Theft Auto 3 (2001) 4. Grand Theft Auto: Vice City (2002) 5. Grand Theft Auto: San Andreas (2004) 6. Grand Theft Auto: Liberty City Stories (2005) 7. Grand Theft Auto 4 (2008) 8. Grand Theft Auto 5 (2013) 9. Grand Theft Auto 6 (2025)
Jakarta -

Game GTA menjadi perbincangan hangat yang mengguncang dunia game. Pasalnya, pada tanggal 5 Desember 2023, Rockstar Games merilis trailer Grand Theft Auto VI (GTA VI). Trailer ini pun sudah ditonton oleh 146 juta orang hanya dalam waktu sembilan hari! Lantas bagaimana perkembangan evolusi GTA 1 sampai GTA 6?

Seri game GTA adalah game andalan dari Rockstar Games yang memiliki inti cerita tentang merampok mobil mewah. Game GTA sebenarnya sudah ada sejak 26 tahun yang lalu. GTA 1 pertama kali dirilis pada tahun 1997 dengan menggunakan tampilan dua dimensi, alias 2D.

Seiring berkembangnya zaman, game GTA pun mengalami perkembangan evolusi yang cukup signifikan. GTA 6 yang rencananya dirilis pada tahun 2025 akan hadir dengan grafik 3D yang semakin realistis dan lebih indah dibandingkan seri sebelumnya. Untuk tahu bagaimana evolusinya, simak pembahasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Evolusi GTA 1 Sampai GTA 6

Berikut ini evolusi dari game GTA 1 sampai GTA 6 dilansir melalui laman Gamesradar dan ONE37 PM.

1. Grand Theft Auto (1997)

Grand Theft Auto adalah rilisan pertama dari seri game GTA. Game ini dirilis pada bulan Oktober 1997 melalui PC, konsol PS1, dan GBC. GTA 1 memiliki grafik dengan 2D menggunakan sudut pandang kamera seperti bird view atau mata burung. Dengan begitu, pemain bisa melihat kondisi sekitar dan musuh dengan sangat mudah.

Pada GTA 1 berlatar belakang di Inggris, tepatnya di Liberty City, San Andreas, dan Vice City. Misi utama dari seri pertama ini berkaitan dengan aksi kriminal, seperti perampokan, pencurian mobil, pembunuhan dan kejahatan lainnya.

Game ini memungkin pemain untuk menyelesaikan misi sebagai bos kriminal atau sekedar terlibat dalam kekacauan saat menjelajahi ketiga kota tersebut. Bagi pemain yang mampu menyelesaikan misi, akan mendapatkan reward berupa poin yang bisa digunakan untuk membeli barang apapun dalam game.

2. Grand Theft Auto 2 (1999)

Seri kedua dari GTA dirilis pada 30 September 1999. Rockstar Games merilis game ini melalui platform PS1, PC, SD, dan GBC. Untuk grafiknya, GTA 2 masih menggunakan tampilan 2D sama dengan seri pertamanya. GTA 2 berlatar belakang kota metropolis futuristik yang disebut dengan Anywhere City.

Meskipun masih menggunakan tampilan 2D, tapi tampilannya masih lebih baik dibandingkan seri GTA 1. Pada GTA 2, lanskap kota disajikan lebih mendetail. Pemain bisa memilih geng mana yang akan bekerja. Tindakan dari pemain bisa mempengaruhi reputasi game pada berbagai faksi kota.

Game GTA 2 menjadi seri game GTA pertama yang memperkenalkan sistem Star untuk menentukan tingkat respons dari polisi dalam game. Pemain juga diberikan sebuah rumah persembunyian. GTA 2 memperluas dunia GTA sebelumnya dan membuka jalan untuk inovasi baru di masa depan.

3. Grand Theft Auto 3 (2001)

Seri ketiga dari GTA dirilis pada 22 Oktober 2001. Rockstar Games merilis game ini melalui platform PS2, Xbox, PC, Mac, Android, iOS, dan Fire OS. GTA 3 bisa dikatakan menggunakan tampilan 3D. Tampilan ini pertama kali digunakan pada seri GTA. GTA 3 juga menggunakan sudut pandang dari orang ketiga (third person view).

GTA 3 berlatar belakang di Liberty City. Pemain berperan sebagai Claude, seorang protagonist pendiam dengan misi balas dendam terhadap orang-orang yang sudah menghianatinya. Sama seperti seri game GTA sebelumnya, pemain tetap bisa melakukan pembajakan mobil, memiliki senjata lengkap, dan karakter berwarna.

4. Grand Theft Auto: Vice City (2002)

GTA Vice City dirilis pada 29 Oktober 2002. Rockstar Games merilis game ini melalui platform PS2, Xbox, PC, Mac, iOS, Android, dan Fire OS. GTA Vice City menjadi game kedua dari GTA yang menggunakan tampilan 3D. Game ini bisa dibilang memiliki tampilan yang serupa dengan GTA 3, namun dengan kota berbeda.

Seperti namanya, GTA Vice City berlatar belakang di Vice City. Vice City adalah kota yang berada dekat dengan pantai. Asal muasal kota ini terinspirasi dari kota Miami. Pemain akan berperan sebagai Tommy Vercetti, seorang mafia yang ingin membalaskan dendamnya dengan melakukan berbagai aktivitas kriminal.

5. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

Seri kelima dari GTA ini dirilis pada bulan Oktober 2004. GTA San Andreas dirilis melalui platform PS2, Xbox, Xbox 360, PC, Mac, iOS, Android, dan Fire OS. Sesuai dengan namanya, game GTA ini berlokasi di San Andreas. Konon katanya, San Andreas adalah pecahan dari negara Nevada dan California.

Pemain akan berperan sebagai Carl Johnson atau CJ yang ingin membalas kematian ibunya dan membangun kembali kerajaan kriminal. GTA San Andreas memperkenalkan banyak peningkatan gameplay berupa kustomisasi karakter, beragam kendaraan, serta kemampuan baru seperti memanjat dan berenang.

6. Grand Theft Auto: Liberty City Stories (2005)

GTA Liberty City Stories rilis pada Oktober 2005. Game ini dirilis melalui platform PS2, PS2, iOS, Android, dan Fire OS. Sesuai dengan namanya, game ini berlatar belakang di Liberty City. Narasi yang ada pada GTA Liberty City Stories terjadi tiga tahun sebelum peristiwa di GTA 3.

Pemain akan berperan sebagai Toni Cipriani, seorang anggota keluarga dari kriminal Leone yang setia. Game ini menghadirkan lingkungan dunia terbuka yang luas, dilengkapi dengan misi sampingan, barang koleksi tersembunyi, dan berbagai kendaraan yang bisa dirampas.

7. Grand Theft Auto 4 (2008)

Grand Theft Auto 4 dirilis pada April 2008. Rockstar Games merilis game ini melalui platform PS3, Xbox 360, dan Windows. Seri game keempat ini menghadirkan tampilan 3D dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Pasalnya sudah menggunakan Rockstar Advanced Game Engine (RAGE).

GTA 4 berlokasi di Liberty City. Kali ini, pemain akan bermain sebagai Niko Bellic dan sepupunya Roman Bellic. GTA 4 ini menjadi game pertama yang membuat keputusan dari para pemain bisa mempengaruhi ending game. Game ini masih mengeksplorasi tema kriminal.

8. Grand Theft Auto 5 (2013)

Seri game GTA kelima ini dirilis pada September 2013. Grand Theft Auto 5 dirilis melalui platform PS3, PS4, PS5, Xbox 360, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Windows. Melalui perilisan game ini, Rockstar Games mencetak sejarah karena berhasil meluncurkan game dengan tampilan visual terbaik pada waktu itu.

GTA 5 berlokasi di sebuah kota baru bernama Los Santos dan sebuah pedesaan bernama Blaine Country. Game ini memungkinkan pemain untuk bisa beralih menggunakan ketiga karakter protagonis, yaitu Michael, Franklin, dan Trevor.

Ketiga karakter ini mempunyai misi yang berbeda-beda. Map pada GTA 5 dibuat lebih luas dibandingkan seri sebelumnya. Hal ini memungkinkan pemain untuk bisa menjelajahi berbagai sudut kota dan pedesaan yang ada.

9. Grand Theft Auto 6 (2025)

Grand Theft Auto 6 adalah seri terbaru dari GTA yang rencananya akan dirilis pada tahun 2025. Pihak developer tidak mengumumkan secara pasti kapan tanggal rilis dari GTA 6. Saat ini, Rockstar Games baru saja merilis video trailer dari GTA 6.

GTA 6 menggunakan konsep cerita yang terinspirasi dari dua orang kriminal Amerika Serikat. Kriminal ini sempat populer pada tahun 1930-an, yakni Bonnie dan Clyde. GTA 6 membuat pemain bisa mengontrol karakter perempuan bernama Lucia untuk pertama kalinya. Kemungkinan bisa mengontrol karakter laki-laki yang merupakan pacar dari Lucia.

Itulah pembahasan mengenai evolusi GTA 1 sampai GTA 6 yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Trailer Game GTA 6 Bakal Dipamerkan Desember"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
back to top