• Home
  • Berita
  • Elon Musk Mau Protes Pajak Apple ke Tim Cook

Elon Musk Mau Protes Pajak Apple ke Tim Cook

Redaksi
Aug 03, 2023
Elon Musk Mau Protes Pajak Apple ke Tim Cook
Jakarta -

Elon Musk kembali menyentil "pajak" yang dikenakan Apple untuk setiap transaksi yang dilakukan lewat App Store.

Menurutnya, pajak tersebut mengurangi besaran komisi yang diterima oleh kreator konten di Twitter, atau sekarang tepatnya...X. Musk berjanji akan menghubungi CEO Apple Tim Cook untuk menegosiasikan besaran pajak tersebut.

Saat ini Apple mengambil 30% dari semua pembelian yang dilakukan di iOS dan iPadOS, termasuk biaya berlangganan yang dikenakan kreator konten di Twitter. Potongan ini yang mau ditawar oleh Musk, agar potongan tersebut bisa diubah menjadi 30% dari pembayaran yang diambil oleh Twitter.

Dalam skema pembayaran baru yang dilakukan Musk, Twitter hanya mengambil jatah 10% dari biaya berlangganan terhadap kreator konten, itu pun setelah pemasukannya mencapai USD 100 ribu setelah 12 bulan. Jadi yang ia inginkan adalah Apple hanya memotong 30% dari 10% yang diterima Twitter tersebut.

Dengan kata lain, Twitter tak akan mendapat pemasukan dari biaya berlangganan kreator konten tersebut dalam 12 bulan pertama, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (3/8/2023).

"Saya akan menghubungi @tim_cook untuk melihat apakah ini bisa diatur agar potongan 30% tersebut hanya dikenakan ke apa yang diambil oleh X untuk memaksimalkan (uang) yang diterima kreator," tulis Musk dalam postingannya.

[Gambas:Twitter]



Sebelumnya Musk juga pernah mengkritik soal pajak tersembunyi Apple tersebut. Ia bahkan sampai menunda peluncuran Twitter Blue di iOS untuk menghindari potongan 30% dari Apple tersebut.

Ia pun menyebut Apple pernah mengancam untuk menahan Twitter dari App Store. Namun sikap Apple itu melunak setelah Musk mengunjungi kantor pusat Apple untuk menemui Cook, yang disebutnya hanya masalah kesalahpahaman.

Menarik untuk ditunggu apakah Apple mau mengubah skema pajak App Storenya untuk kasus yang terbaru ini. Mengingat di kasus lain, contohnya Epic Games lewat Fortnite-nya, kasusnya malah berlanjut sampai ke Meja Hijau.



Simak Video "Ganti Jadi X, Tampilan Bawaan Twitter Bakal Jadi Dark Mode"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)
back to top